Jajaran TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau membuka akses daerah terpencil di Desa Selaup Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dengan melakukan pembersihan dan pengupasan ruas jalan yang menghubungkan sejumlah dusun di daerah tersebut.

"Kami ingin mendorong semangat persatuan dan kesatuan melalui kemanunggalan TNI bersama rakyat," kata Komandan Kodim 1206 Putussibau Letkol Inf Nasli, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Nasli menyampaikan pembukaan akses daerah terpencil tersebut merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-122 Tahun 2024.

Dia menjelaskan sasaran TMMD tersebut yaitu melakukan pembersihan dan pengupasan ruas jalan sepanjang 8,3 kilometer yang menghubungkan Dusun Jakok menuju Dusun Keranti Desa Selaup Kecamatan Bunut Hulu.

Selain itu, ada juga pembangunan jembatan, gorong-gorong serta sasaran tambahan yaitu pembangunan sumur bor, rehab rumah warga dan rumah ibadah, pembersihan lingkungan, penanaman pohon, penanganan stunting serta ketahanan pangan budidaya ikan air tawar.

"Kami juga ada kegiatan non fisik seperti wawasan kebangsaan, bidang kesehatan, pendidikan serta dampak dan bahaya penyalahgunaan narkotika, termasuk pembinaan teritorial lainnya," ucap Nasli.

Menurut Nasli, dalam pelaksanaan program TMMD itu, pihaknya bekerja sama dengan semua pihak termasuk lapisan masyarakat di daerah tersebut.

Dia berharap dengan adanya program TMMD tersebut dapat membantu kesulitan masyarakat terutama akses jalan untuk menghubungkan dari dusun ke desa dan ke kecamatan.

Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024