Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara meraih penghargaan sebagai salah satu desa terbaik dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Desa Cantik ini merupakan salah satu program Badan Pusat Statistik (BPS) untuk pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Program ini hadir untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Pj Kepala Desa Sedahan Jaya, Asnawi mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan keberhasilan bersama semua pihak khususnya masyarakat Sedahan Jaya dan perangkat desa, serta dukungan dari Pemerintah Daerah.

Baca juga: 20 desa meraih penghargaan Desa Bebas Stunting 2023

"Prestasi ini merupakan hasil kerja sama pihak desa dan masyarakat yang selalu semangat belajar statistik dan adanya dukungan dari semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang memberikan pendampingan", ucapnya di Sukadana, Jumat.

Ia menyebutkan, bahwa implementasi pembinaan Desa Cantik sebelumnya telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kayong Utara dengan berbagai langkah. Salah satunya koordinasi dengan Diskominfo serta Bagian Pemerintahan untuk optimalisasi penggunan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan dan bantuan lainya dapat berjalan tepat sasaran.

"Kami dapat pembinaan dari BPS dengan berbagai pembelajaran, dari pihak BPS juga sempat turun ke lapangan dan kami sudah berkoordinasi dengan Kominfo dengan tujuan agar program pembangunan dan bantuan dapat tepat sasaran," katanya.

Selain itu, Asnawi mengatakan dengan adanya program tersebut sangat membantu dalam memaksimalkan data, sehingga data yang dihasilkan semakin akurat dan sesuai pengelompokan berdasarkan kriteria masing-masing.

Baca juga: Kemendagri beri penghargaan kepada provinsi-kabupaten/kota berhasil bina desa

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024