Mal Ciputra Jakarta atau Mal Citraland tutup selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu (6/10) usai kebakaran melanda lantai lima dan lantai enam pusat perbelanjaan di Jakarta Barat tersebut pada Jumat dini hari sekitar pukul 00.50 WIB.

"Mall Ciputra akan tutup operasional sementara selama tiga hari, terhitung dari hari ini 4 Oktober hingga 6 Oktober 2024," kata Humas Mal Ciputra Jakarta Rida Kusrida saat ditemui wartawan di lokasi pada Jumat.

Baca juga: Mobil mengangkut BBM hangus terbakar di Lampung Selatan

Penutupan sementara tersebut demi kenyamanan dan keamanan bersama, terutama para pengunjung setia. "Mudah-mudahan hari Senin, tepatnya 7 Oktober, kami akan beroperasi," katanya.

Pada Senin (7/10), Rida menyebutkan, sisa-sisa kebakaran sudah teratasi sehingga mal bisa kembali operasional.

"Pasti kami sudah punya strategi. Bagaimana caranya dampak dari kebakaran ini apakah ini layak atau tidak layak gitu. Pasti kami sudah punya strategi untuk menutupi (memperbaiki) itu," kata Rida.
 

Sejumlah pengunjung serta pekerja-pekerja di Mal Ciputra Jakarta berada di depan Lobby Barat 2 mal tersebut lantaran mal ditutup untuk sementara waktu, Jumat (4/10/2024). (ANTARA/Risky Syukur)

Rida juga memastikan bahwa tidak ada karyawan atau pengunjung mal yang terluka atau tewas akibat musibah kebakaran tersebut.

"Dan yang pasti juga puji syukur bahwa pada kejadian kebakaran tadi malam itu tidak ada korban jiwa, dari karyawan, 'tenant' atau pengunjung," katanya.

Hal itu menjadi prioritas. "Karena keselamatan mereka itu adalah yang terpenting buat kami," tutur Rida.

Mengenai instrumen dukungan antisipasi kebakaran internal, Rida memastikan bahwa penyemprot air (fire sprinkler), hidran dan detektor asap mal bekerja baik saat kebakaran terjadi.

"Yang pasti alat pemadam kebakaran internal kami berjalan dan berfungsi baik. Buktinya bisa terselesaikan dalam waktu singkat. Jadi baik dari 'sprinkle', hidran dan juga 'smoke detector' berfungsi baik," katanya.

Baca juga: Kebakaran landa Mall Citraland, Jakarta Barat pada Jumat dini hari

Karena itu bisa cepat tahu bahwa ada kebakaran. "Kalau tidak berfungsi kan pastinya akan sudah berlarut," kata Rida.

Rida mengapresiasi petugas pemadam yang gesit tiba di lokasi dan sigap memadamkan api.

"Kami juga berterima kasih kepada tim pemadam kebakaran yang sudah sangat cekatan dan gesit mematikan api sehingga bisa dengan cepat terselamatkan," kata Rida.

Adapun kebakaran yang terjadi pukul 00.50 WIB itu berhasil dipadamkan pukul 02.30 WIB hingga kemudian proses pendinginan selesai pukul 03.30 WIB.



Baca juga: TNI evakuasi 12 ABK kapal roro KMP Tandeman yang terbakar


 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024