Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara meraih peringkat 3 (tiga) lomba desa tingkat nasional khusus di regional 3 tahun 2024.

"Salah satu produk unggulan yang ditampilkan pada juri dalam perlombaan desa tingkat nasional adalah kopi liberika," kata Kepala Bidang Pemdes  di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Irwan, Kamis.

Menurutnya, inovasi lain yang berhasil menjadi daya tarik Desa Podorukun yaitu  pengelolaan air bersih yang berhasil di nikmati masyarakat Podorukun meski belum menjangkau semua  masyarakat disana.

”Meskipun tidak bisa mencakup ke seluruh masyarakat Podorukun, hanya di beberapa titik RT yang ada, masyarakat Desa Podorukun kan awalnya hanya bisa memakai tadah air hujan dan air sungai," katanya lagi.

Ditambahkan Irwan dalam kesempatan itu, kedepannya Desa Podorukun akan membuat wisata yang bernuansa edukasi (pendidikan) terkait pengelolaan dan budidaya kopi liberika.

"Jadi kedepannya pak Kades Podorukun berencana akan mengembangkan Kopi Liberika, didukung dengan adanya tanah milik desa di Podorokun kemudian ditanam kopi liberika setelah itu akan dijadikan wisata pendidikan khusus kopi liberika,  jadi tujuannya bagaimana membuat daya tarik wisatawan lokal untuk belajar budidaya tentang kopi liberika," katanya.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024