Kepolisian Daerah Maluku mempersiapkan gelaran Operasi Zebra Salawaku 2024 sebagai upaya untuk menjaga kondisi kondusif jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Operasi dengan mengusung tema "Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas yang Kondusif Menuju Pilkada 2024" ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas serta mencegah pelanggaran yang dapat mengganggu proses demokrasi.

"Sebelum operasi terpusat dijalankan, Polda Maluku terlebih dahulu melaksanakan pelatihan praoperasi kepada personel," kata Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Ronald Refli Rumondor di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, Operasi Zebra Salawaku 2024 harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar situasi kamseltibcarlantas dapat terjaga dengan baik.

Selain menjalankan operasi dengan baik, Kombes Ronald juga mengingatkan personel untuk selalu menjaga sikap dan perilaku dengan senyum, sapa, salam. "Hindari kesalahan sekecil apapun sehingga kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat," ujarnya.

Kepada peserta pelatihan yang akan menjalankan operasi lalu lintas nantinya, Karo Ops juga menekankan untuk mengikuti kegiatan dengan sebaiknya.

"Kami harapkan para peserta pelatihan dapat benar-benar mengerti dan dapat menjalankan operasi dengan baik serta mengerti risiko yang ada di lapangan," tegasnya.

Dalam operasi ini polisi akan melakukan penindakan terhadap berbagai pelanggaran lalu lintas, seperti penggunaan helm yang tidak standar, melawan arus, dan berkendara tanpa surat-surat lengkap. Selain itu, petugas juga akan melakukan sosialisasi mengenai pentingnya keselamatan berkendara, terutama bagi para pemilih yang akan menuju tempat pemungutan suara.

Sementara itu Direktur Lalulintas Polda Maluku Kombes Pol Rusdi Suryanagara dalam arahannya menyampaikan, operasi itu bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi ini diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Posko operasi agar selalu merekap hasil pelaksanaan tugas di lapangan setiap hari dan kita dapat melaksanakan analisa dan evaluasi ke depan sehingga tercapai tujuan Operasi Zebra Salawaku 2024 ini," ungkapnya.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024