Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 berjalan aman berkat partisipasi seluruh pihak, mulai dari tim pengamanan hingga penyelenggara.

Dalam kegiatan penutupan Peparnas 2024 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10), Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo mengatakan BNPT ikut terlibat dan berperan penting dalam penyelenggaraan Peparnas 2024 yang berjalan aman.

"Penyelenggaraan Peparnas XVII Solo 2024 yang berlangsung dari 7-13 Oktober 2024 di Kota Solo telah terselenggara secara aman. Seluruhnya ikut berperan menyukseskan," kata Roedy seperti dikutip dari keterangan yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Roedy menyebutkan BNPT telah melakukan serangkaian pengamanan melalui tahapan persiapan hingga pengakhiran. Dalam menjalankan tahapan tersebut, terdapat beberapa temuan evaluasi bagi penyelenggara.

Pengamanan, kata dia, telah diawali dengan tahapan persiapan, baik persiapan yang dilakukan secara terbuka atau tertutup yang berkaitan dengan intelijen. Kemudian, barulah dilaksanakan tahap pelaksanaan dan pengakhiran.

Sementara itu, ia menuturkan beberapa temuan evaluasi bagi penyelenggara dimaksud terkait sistem pengamanan lokasi, hotel, dan lainnya.

Adapun BNPT telah memberikan rekomendasi terkait temuan tersebut kepada penyelenggara dan aparat kewilayahan.

Dia berpendapat Peparnas bukan hanya ajang lomba olahraga biasa, tetapi merupakan panggung besar untuk menunjukkan kekuatan dan semangat juang yang luar biasa dari atlet disabilitas.

"Gelaran ini bukan ajang biasa, kita lihat semangatnya, antusiasnya, dan dedikasi atlet disabilitas Indonesia. Mereka mengedukasi masyarakat bahwa keterbatasan bukan penghalang prestasi," ungkapnya.

Peparnas 2024 diikuti oleh 4.625 atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia. Ribuan atlet itu berkompetisi di 20 cabang olahraga yang ditetapkan oleh International Paralympic Committee (IPC).

Dalam perhelatan tersebut, Jawa Tengah keluar sebagai juara umum setelah mengumpulkan total 161 medali emas, 121 perak dan 124 perunggu.

Peparnas 2024 ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang mewakili Presiden Joko Widodo.


 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024