Bandung (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 67 tim dari 29 perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat akan berlaga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) tingkat regional wilayah II 2012.

Ketua Pelaksana KRI KRCI tingkat regional wilayah II 2012 Kusprasapta Mutijarsa dalam konferensi pers di Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Rabu,mengatakan  lomba tingkat regional itu akan diselenggarakan pada Sabtu 26 Mei 2012 di Kampus ITB Jatinangor, Sumedang.

"Semakin banyaknya perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kegiatan KRI KRCI membuat pertandingan ini diselenggarakan dua tahap, yaitu tingkat regional dan tingkat nasional. Pertandingan tingkat regional diselenggarakan di lima  wilayah," tuturnya.

Pada 2012, pertandingan tingkat regional wilayah I diselenggarakan di STMIK Potensi Utama Medan, wilayah II di ITB, wilayah III di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, wilayah IV di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan wilayah V di Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Pemenang dari masing-masing wilayah itu kemudian akan dipertemukan dalam kontes tingkat nasional yang akan diselenggarakan di ITB pada 30 Juni-1 juli 2012.

Peserta pertandingan untuk tingkat regional wilayah II diikuti oleh 67 tim yang terdiri atas 14 tim KRI, 26 tim KRCI pemadam api beroda, 19 tim KRCI pemadam api berkaki, dan 8 tim KRCI  RoboSoccer Humanoid League (RSHL) atau robot yang meniru kemampuan manusia untuk berjalan dan menendang bola.

Pemenang kategori KRI tingkat nasional akan diberangkatkan ke Hongkong untuk mengikuti kontes robot internasional ABU Robocon 2012 pada 19 Agustus 2012.

"Tema untuk KRI 2012 adalah 'Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan'. Tema ini diselaraskan dengan tema yang telah ditentukan oleh ABU Robocon 2012," ujar Mutijarsa.

Sedangkan KRCI yang mengutamakan peningkatan kualitas sistem kontrol robot terbagi atas dua kategori lomba, yaitu robot cerdas pemadam api beroda dan berkaki serta RSHL.

"Peraturan pertandingan KRCI pemadam api mengacu pada peraturan kompetisi di Trinity College Firefighting Home Robot Contest di Trinity College, Hartford, Connecticut. Amerika Serikat. Pemenang KRCI pemadam api beroda dan berkaki berpeluang untuk mengikuti kompetisi robot 2013 di Amerika Serikat," tutur Mutijarsa.


(D013)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012