Pontianak (ANTARA Kalbar) - Peringkat kelulusan siswa SMP di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat dalam Ujian Nasional (UN) tahun ini mengalami penurunan.

Sanggau menempati peringkat ke tujuh pada tahun lalu, sedangkan pada tahun ini berada di peringkat ke delapan se-Kalimantan Barat.

"Untuk tahun ini, tingkat kelulusan SMP se-Kalbar, Kabupaten Sanggau menempati peringkat 8 dari 14 Kabupaten yang ada. Sementara tahun sebelumnya meraih peringkat ke-7," kata Kabid SMP dan SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Sanggau, Dedet, Selasa.

Dia menjelaskan, dari jumlah murid SMP negeri dan swasta sebanyak 4.632, yang tidak lulus 61 siswa. Untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) berjumlah 276, yang tidak lulus empat orang.

"Jadi totalnya 4.908 murid yang ujian dengan persentase, 98,61 secara keseluruhan. Kelulusan SMP Negeri tahun ini mencapai 98,68 %, sedangkan untuk SMP Swasta sederajat 98,55 persen," katanya.

Dedet juga mengatakan, meski peringkat kelulusan siswa SMP Sanggau mengalami penurunan, namun untuk persentase kelulusan mengalami peningkatan. Karena pada tahun lalu, persentase kelulusan siswa SMP sebesar 96,72 persen dan tahun ini meningkat 1,92 persen.

Penurunan peringkat tersebut disebabkan 65 murid yang tidak lulus pada tahun ini karena nilai mata pelajaran dan UN tidak mencapai target rata-rata.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012