Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kubu Raya akan menggali kembali potensi olahraga tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa untuk dikembangkan menjadi olahraga prestasi.

"Kita harus menumbuhkan kembali olahraga tradisional yang selama ini menjadi warisan budaya bangsa yang baik untuk dikembangkan menjadi olahraga prestasi. Kami akan melacak olahraga-olahraga tradisional itu untuk dikembangkan kembali," kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disbudparpora Kubu Raya, Sukiman di Sungai Raya, Selasa.

Wacana tersebut muncul setelah penyelenggaraan festival olahraga tradisional dimana, Kubu Raya turut serta dalam festival tersebut dengan menampilkan olahraga tradisional Nabuya.

Menurutnya, olahraga tradisional yaitu permainan rakyat atau olahraga tradisional yang merupakan aset budaya bangsa dan perlu di lestarikan, di gali dan menumbuhkembangkan.

Hal itu perlu dilestarikan karena selain merupakan olahraga/permainan untuk mengisi waktu luang, juga mempunyai potensi untuk dapat lebih di kembangkan sebagai olahraga yang bisa membantu meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya.

"Yang disebut olahraga tradisional harus memenuhi dua persyaratan yaitu berupa olahraga dan sekaligus juga nilai tradisional baik dalam memiliki tradisi yang telah berkembang selama beberapa generasi, maupun dalam arti sesuatu yang terkait dengan tradisi budaya suatu bangsa secara lebih luas. Untuk itu, kita akan menggali dan mengembangkan beberapa jenis seni budaya dan olahraga yang telah digeluti masyarakat pendahulu," tuturnya.

(pso-171)

 

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012