Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan memperkuat peran Komite Kesehatan Desa (KKD) dan Sarjana Pendamping Desa (SPD) yang menjadi ujung tombak pemerintah kabupaten itu dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Kita harapkan dengan keberadaan Komite Kesehatan Desa dan Sarjana Pendamping Desa di tengah masyarakat bisa memacu masyarakat untuk lebih kreatif. Karena peran SPD yang ada di Kubu Raya adalah untuk membimbing masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Demikian juga keberadaan KKD di tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk hidup sehat, agar upaya pemerintah Kubu Raya dalam menurunkan tingginya penyakit akibat lingkungan bisa berkurang setiap tahunnya.

"Saya yakin, keberadaan dua program ini di tengah masyarakat, sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri. Makanya dalam pertemuan silahturahmi ini, saya kembali menekankan kepada SPD dan KKD agar bisa lebih meningkatkan kapasitas mereka dalam memberdayakan masyarakat," tuturnya.

Sesuai dengan program SPD tersebut, Muda mengharapkan SPD dan KKD harus bisa memotivasi dan membangun antusiasme masyarakat agar lebih produktif.

Menurutnya, jika masyarakat produktif, tentu upaya untuk meningkatkan IPM terutama dalam menekan tingginya angka pengangguran bisa dilakukan lebih cepat.

"Saya tahu, untuk melakukan hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Namun dengan kemauan dan kreatifitas dari SPD itu, tentu semua kemungkinan bisa diwujudkan," tuturnya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012