Bandung (ANTARA Kalbar) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar "Festival Media" dalam rangka rangkaian hari ulang tahun  AJI Ke-18 di Gedung Indonesia Menggugat Bandung pada tanggal 15-16 September 2012.

"Festival Media ini menjadi ajang pameran produk industri media mainstream dan berbagai komunitas media independen yang ada di Bandung dan beberapa kota lainnya," kata Ketua AJI Bandung Zaky Yamani, di Kota Bandung, Rabu.

Ia mengatakan, selain pameran industri media mainstream dan media komunitas, Festival Media ini juga menggelar berbagai kegiatan seperti workshop, lomba debat tentang media untuk siswa SMA, pemutaran film dokumenter, pameran foto dan berbagai diskusi kelompok yang terkait dengan peran media dan masyarakat.

"Beberapa media lokal, nasional dan internasional seperti Kompas, ANTARA, Pikiran Rakyat, Prioritas, Tempo, dan VOA (Voice of America) ikut serta dalam Pameran Media ini. Lokasinya berada di halaman depan GIM," kata dia.

Menurut dia, secara filosofis Festival Media ini dimaksudkan untuk membangun interaksi antara media, sebagai produsen informasi dengan masyarakat sebagai pengguna informasi dari berbagai outlet media.

AJI, lanjut dia, memandang proses interaksi itu harus terus dibangun agar media semakin bertanggung jawab dengan produk yang media tersebut hasilkan.

Rencanannya, Festival Media ini akan menjadi kegiatan tahunan yang pelaksanaannya akan dilakukan bergilir di AJI-AJI kota seluruh Indonesia.

(KR-ASJ)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012