New York (ANTARA Kalbar) - Laporan terbaru menyebutkan bahwa rata-rata kekayaan dan aset dari 400 orang terkaya di Amerika Serikat mencapai seperdelapan dari perekonomian negara ini.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh majalah Forbes, total kekayaan dari 400 warga super-kaya di negara ini meningkat 13 persen dibandingkan tahun lalu dan mencapai 1,7 triliun USD.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa rata-rata kekayaan seorang yang tercantum dalam daftar warga super-kaya Amerika Serikat itu meningkat 400 juta dolar dibandingkan tahun lalu, dan mencapai 4,2 trilliun USD. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi.

Majalah Forbes lebih lanjut mengindikasikan bahwa 70 persen di antara 400 orang terkaya di Amerika Serikat itu mencapai kesuksesan sepenuhnya berangkat dari nol. California masih menjadi negara bagian yang menampung orang-orang terkaya di Amerika.

Bill Gates, pendiri Microsoft, masih berdiri di posisi pertama dalam list Forbes selama 19 tahun secara berturut-turut dengan kekayaan mencapai 66 milyar USD.

Mayoritas nama di list 400 orang terkaya itu semakin kaya di tahun 2012. Michael Bloomberg misalnya, yang menjadi walikota New York selama tiga tahun berturut-turut, menjadi semakin kaya tahun ini dan menduduki posisi ke-10 dalam list tersebut. George Soros menduduki posisi ke-12.

Luisa Kroll, seorang editor di majalah Forbes menyatakan, jurang yang melebar antara "sangat kaya" dan "lumayan kaya" telah mencapai rekornya.

Para pakar ekonomi berpendapat bahwa jurang perbedaan di dalam masyarakat Amerika Serikat saat ini, lebih lebar dibandingkan sebelumnya.

(IRIB )

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012