Jakarta (ANTARA Kalbar) -  Bila ingin menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, cobalah memasang konverter kit bahan bakar gas di mobil. Dengan alat itu, mobil akan memanfaatkan dua jenis bahan bakar, bisa dengan bensin dan gas.

"Kalau nyalain mobil, pakai tenaga dari bensin. Habis itu, pakai gas," kata Service Advisor PT. Autogas Indonesia, Toto Taufik. Dia juga mengatakan, bensin hanya dipakai untuk memanaskan mesin serta bila mobil berakselerasi tinggi.

Menurut dia, menggunakan bahan bakar gas, baik itu LGV atau CNG, punya banyak manfaat. Selain lebih hemat karena harga gas lebih murah, mesin pun lebih bersih karena pembakaran lebih sempurna.

"Jadi mengurangi polusi."

Untuk mobil yang sudah dipasangi konverter kit, tentu lebih ideal bila bensin dan gas selalu diisi penuh. Jika persediaan gas habis, mobil akan memakai bensin untuk bisa melaju. Namun, bila persediaan gas masih penuh sedangkan bensin tidak ada, apakah mobil masih bisa melaju?

"Kalau hanya ada gas, masih bisa sepuluh kali start mobil pakai gas saja, tapi itu juga untuk darurat."

Autogas Indonesia menawarkan instalasi sekaligus konventer kit, baik itu untuk LGV dan CNG. Untuk mesin 4 silinder, biaya pemasangan dan kit seharga Rp12 juta. Sedangkan mesin 6 silinder butuh Rp16 juta. Namun, Toto mengatakan ada penawaran khusus bagi orang yang memesan konventer kit di IIMS 2012.

"Khusus di IIMS, yang mau memasang akan dapat diskon Rp1 juta."

(Nan)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012