Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pembangunan Kota Terpadu Mandiri Kabupaten Kubu Raya ditargetkan rampung pada tanggal 20 Desember mendatang.

"Pembangunan KTM Rasau Jaya yang mulai dilakukan pada tahun 2009 lalu, ditargetkan rampung pada pertengahan Desember nanti. Saat ini proses pembangunannya sudah 90 persen, tinggal tahapan finishing," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya, Agus Suparwanto di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, saat ini proses pembangunan KTM tersebut sedang melakukan pembenahan pada bangunan santri wanita yang ada dalam kawasan Islamic Center KTM Rasau Jaya.

Selain itu, juga ada penyelesaian pembangunan pasar yang akan mendukung perkembangan perekonomian masyarakat di dalam kawasan KTM Rasau Jaya yang mencakupi kecamatan Rasau Jaya, Sungai Raya, Terentang dan beberapa desa lainnya yang berada dalam kawasan KTM itu.

" Selain itu, saat ini sudah sedang di bangun jalan rabat beton di Desa Radak II Kecamatan terentang, yang menghubungkan kecamatan tersebut ke pusat KTM di Kecamatan Rasau Jaya. Semua itu kita pastikan bisa rampung pada tahun 2012 ini," tuturnya.

Agus mengatakan, keberadaan KTM Rasau Jaya diharapkan menjadi wadah untuk membina dan mengembangkan masyarakat Kubu Raya sehingga kawasan tersebut menjadi pusat untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

"Kawasan ini nantinya akan menjadi magnet bagi pengembangan komoditas di kecamatan lain, bukan hanya di Kecamatan Rasau Jaya," kata Agus.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menjelaskan, KTM Rasau Jaya tidak hanya dibangun infrastrukturnya, tetapi juga akses-akses ke kecamatan lain, agar komoditas di kecamatan lain mempunyai pasar yang jelas. Sehingga akhirnya, fungsi perkotaan di KTM Rasau Jaya, di antaranya sektor perdagangan dan jasa akan menjadi hidup.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012