Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan memfokuskan pembangunan kantor terpadu untuk sejumlah dinas dan badan yang di kabupaten itu, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan menghemat anggaran pembangunan.

"Kita sudah merancang pembangunan kantor terpadu untuk sejumlah dinas yang masih memiliki kaitan dengan program pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya antara Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga atau Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo, itu dibuat menjadi satu kantor terpadu, tentu itu akan menghemat anggaran pembangunan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kubu Raya, Gandhi Setyagraha di Sungai Raya, Jumat.

Menurut Ghandi, pengembangan kantor yang bersifat terpadu untuk memberikan efisien ruang dan pelayanan kepada masyarakat. Namun instansi terkait yang berada di kantor bersifat terpadu itu harus saling berkaitan.

Dia mengatakan, ketersediaan lahan dalam pembangunan kantor juga mesti jadi perhatian. Karena itu, hingga saat ini Pemkab Kubu Raya sedang berusaha melakukan pembebasan lahan yang diperkirakan dapat dibangun perkantoran.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan lahan-lahan yang ada. Karena pembangunan untuk sarana dan prasarana pemerintah tergantung dari ketersediaan tanah yang ada," tuturnya.

Ghandi mengatakan keterbatasan anggaran menjadi salah satu kendala dalam upaya melakukan pembebasan lahan yang nantinya akan dibangun perkantoran. Karena itu, lanjut Ghandi, sambil berjalan saat ini pihaknya hanya memanfaatkan aset-aset yang ada di Kubu Raya.

"Di samping kita melakukan pembebasan lahan, aset yang ada kita manfaatkan dan lakukan sertifikasi. Jadi ini dilakukan sambil berjalan," katanya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012