Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Ratusan pelajar se-Kabupaten Kubu Raya mengikuti deklarasi anti kekerasan, tawuran, narkoba, dan pelopor keselamatan berlalu lintas yang digelar Polresta Pontianak di halaman kantor bupati setempat, Senin.

"Kegiatan deklarasi ini kita lakukan sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dalam pelaksanaannya kita melibatkan pelajar, pegawai di lingkungan Pemkab Kubu Raya serta organisasi kemasyarakatan yang ada di kabupaten ini," kata Kapolresta Pontianak, Kombes Muharom Riyadi di Sungai Raya.

Dalam deklarasi tersebut, ratusan pelajar yang mewakili sembilan kecamatan yang ada di Kubu Raya baik dari tingkat SD hingga SMP bersama pegawai dan organisasi kemasyarakatan juga menandatangani spanduk sepanjang 50 meter yang dibentangkan di pagar halaman kantor bupati.

Muharom menjelaskan, melalui deklarasi tersebut dia berharap agar pemuda sebagai generasi masa depan dan penerus bangsa bisa serius dalam belajar tanpa melakukan tindakan kekerasan seperti tawuran apalagi narkoba.

"Tugas pelajar itu kan belajar, jadi kita harapkan para pelajar bisa serius belajar dan menjauhi yang namanya tawuran, apalagi sampai terlibat narkoba," tuturnya.

Dengan adanya deklarasi itu, Moharom mengharapkan agar generasi muda Kubu Raya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bersih dari tindak kejahatan.

"Saya rasa ini sangat penting, karena melalui pelajar ini lah sejak dini kita menanamkan kesadaran agar para pemuda tidak terlibat dalam berbagai hal yang berbau negatif," katanya.

Dia juga menambahkan, untuk memantapkan deklarasi tersebut pihaknya juga akan memperkuat penyuluhan di sekolah-sekolah.

"Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan, agar deklarasi ini bisa tepat sasaran dan lebih terarah," tuturnya.

 (T011)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012