Pontianak (ANTARA Klabar) - Bea Cukai, Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong, Kabupaten Sanggau, saat ini membutuhkan mesin X-Ray khusus memeriksa keluar masuk mobil dari Indonesia (Kalimantan Barat), Kuching, Sarawak (Malaysia) dan sebaliknya.

"Saat ini, di PPLB Entikong baru memiliki mesin X-Ray yang usianya sudah lama, itupun untuk memeriksa barang-barang, seperti tas, maupun paket barang lainnya, sementara untuk mobil dan lainnya tidak ada," kata Kepala Bea Cukai Entikong Ishak Fauzi saat dihubungi dari Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, dengan mesin X-Ray khusus mobil, maka setiap keluar masuk mobil angkutan penumpang maupun barang, maka tidak perlu harus bongkar muat barang yang dibawa.

"Selama ini pemeriksaan khusus mobil angkutan dan penumpang masih manual sehingga cukup menyulitkan dan lambat," ujarnya.

Menurut dia, selain mengusulkan mesin X-Ray khusus mobil, pihaknya juga mengajukan penambahan kepada pemerintah pusat mesin X-Ray yang bisa dibawa-bawa mudah agar bisa dibawa kemana-mana kalau memang dibutuhkan.

"Mobil X-Ray tersebut diharapkan bisa bergerak untuk digunakan pada tempat-tempat yang dicurigai," ungkap Ishak.

(A057)

Pewarta:

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012