Pontianak  (ANTARA Kalbar) - Harga telur ayam ras yang dijual di pasar-pasar tradisional di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Minggu, "meroket" atau naik drastis dari sebelumnya Rp1.200/butir menjadi Rp1.500/butir dampak dari gelombang tinggi sejak beberapa pekan terakhir.

"Kenaikan harga telur ayam ras dipicu karena sulitnya mendapatkan pakan ayam sehingga memicu kenaikan harga telur ayam ras, akibat gelombang tinggi di sejumlah perairan laut Kalbar, dan Indonesia umumnya," Kata Alex salah seorang pedagang telur ayam ras di kawasan Pasar Puring Pontianak Utara.

Alex menjelaskan, kenaikan telur ayam ras, karena harga beli kepada agen juga naik sehingga harga jual kepada konsumen atau masyarakat juga ikut naik.

"Dari informasi yang kami dapat, peternak ayam kesulitan dapatkan pakan akibat distribusi pakan dari Pulau Jawa ke Kalbar terganggu karena gelombang tinggi, sehingga memicu kenaikan telur ayam ras tersebut," ujarnya.

Dari pantauan di Pasar Puring, harga telur ayam mulai dari Rp1.250/butir untuk ukuran paling kecil, Rp1.350/butir ukuran sedang, dan Rp1.500/butir ukuran paling besar.

Kemudian harga ikan kembung pisang naik dari Rp35 ribu/kilogram menjadi Rp40 ribu/kilogramnya, ikan kembung kecil juga naik dari biasanya Rp25 ribu/kilogram menjadi Rp30 ribu/kilogram, ikan tongkol dari Rp20 ribu/kilogram menjadi Rp25 ribu/kilogram, dan harga ayam potong Rp25 ribu/kilogram menjadi Rp30 ribu/kilogram.
(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013