Jakarta (Antara Kalbar) - Varian terbaru sepeda motor Honda Vario 125 CBS Idling Stop (ISS) diklaim mampu menekan konsumsi bahan bakar dan lebih hemat 37 persen dibanding  versi sebelumnya yang menggunakan karburator.

Sistem baru yang diadopsi Honda Vario 125 CBS Idling Stop tersebut mampu mematikan mesin setelah kendaraan berhenti lebih dari tiga detik, dan kembali menyala saat tuas gas diputar.

"Konsumsi BBM yang lebih irit 37 persen lebih irit jika dibandingkan dengan Vario versi karburator," kata Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, saat memperkenalkan varian terbaru tersebut di Jakarta, Selasa.

Honda Vario 125 CBS Idling Stop masih menggunakan mesin dengan performa terbaik 125cc dengan Enhanced Smart Power (eSP), ACG starter, dan teknologi injeksi Honda PGM-FI yang ramah lingkungan dan sesuai dengan regulasi Euro 3 .

Honda Vario 125 CBS Idling Stop sendiri, selain memiliki sistem pengereman combi brake system (CBS), juga dibekali tipe mesin empat langkah, SOHC pedinginan dengan cairan, dan memiliki daya maksimum 11.3 PS/8500 rpm, sementara untuk torsi maksimum 1.1kgf.m/5000rpm.

Varian baru tersebut memiliki dimensi panjang 1.918mm, lebar 689mm, dan tinggi 1.103mm. Untuk jarak sumbu roda 1.281mm, jarak terendah ke tanah 128mm, dan memiliki berat kosong 112 kilogram.

Vario 125 CBS Idling Stop tersebut juga memiliki kapasitas tangki 5.5 liter, dengan menggunakan transmisi otomatis V-Matic, dan kelistrikan baterai 12V-5Ah (tipe MF).

Untuk rangka yang digunakan, merupakan rangka tulang punggung, dengan tipe suspensi depan teleskopik sementara suspensi belakang menggunakan lengan ayun dengan shockbreaker tunggal.

(Ant News/V003)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013