Jakarta (Antara Kalbar) -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  meminta bantuan TNI Angkatan Udara (TNI-AU) untuk mendistribusikan soal- soal ujian nasional (UN) untuk jenjang sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di 11 provinsi di wilayah Indonesia tengah akibat keterlambatan penyelesaian soal UN.

"Kami dari Kemendikbud mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala persoalan teknis yang membuat pelaksanaan ujian nasional di 11 provinsi diundur. Untuk itu, kami meminta TNI-AU membantu pengiriman soal-soal ke daerah," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut dia sampaikan pada jumpa pers mengenai Perkembangan Persiapan Ujian Nasional untuk jenjang sekolah lanjutan tingkat atas, yakni SMA, MA, SMK.

Menurut dia, TNI-AU telah menyiapkan empat pesawat Hercules, satu pesawat Foker, dan satu pesawat Boeing 737 untuk membantu proses pendistribusian soal-soal ke 11 provinsi di wilayah Indonesia tengah itu.

Dia mengatakan pendistribusian dengan jalur udara perlu dilakukan mengingat banyaknya sekolah di 11 provinsi itu yang membutuhkan soal UN, yaitu 3.601 sekolah SMA dan MA serta 1.508 SMK.

Pewarta: Yuni Arisandy

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013