Singkawang (Antara Kalbar) - Wahana Visi Indonesia dan Dinas Pendidikan Kota Singkawang meluncurkan sebuah buku "Sekolah Harmoni Hijau" berisi tentang panduan pengembangan pendidikan berkarakter hijau.

Peluncuran buku tersebut bersamaan dengan lokakarya pendidikan karakter dan ramah anak yang digelar di Balairung Pemerintah Kota Singkawang di Singkawang, Selasa.

Buku tersebut mengisahkan tentang suka duka serta keberhasilan dalam upaya mengubah wajah pendidikan di Kota Singkawang.

Buku itu merupakan ramuan pengetahuan dan pembelajaran yang diperoleh dari eksperimentasi pengembangan Sekolah Harmoni Hijau di Singkawang.

Menurut Direktur Pengembangan Transformasi Wahana Visi Indonesia, Grace Hukom mengatakan, di dalam buku itu berisi inspirasi, konsep dan kiat praktis yang berguna bagi guru-guru dan pengelola sekolah yang ingin mengembangkan model Sekolah Harmoni Hijau.

"Sekolah Harmoni Hijau adalah pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan, dengan mendekatkan anak ke lingkungan sekitar," kata dia.

Ia melanjutkan, anak didik diajar untuk melihat lingkungan sekeliling sebagai sumber nilai-nilai hidup yang perlu dijaga dan dilestarikan.

"Supaya alam terus dapat menginspirasi dan hidup bagi generasi masa depan," kata Grace.

Ia mengakui, terwujudnya buku tersebut hanyalah penutup dari sebuah langkah awal.

"Proses-proses selanjutnya masih merupakan tanggung jawab dan tantangan bersama para pelaku dan pegiat pendidikan harmoni hijau di Kota Singkawang," kata dia.

Dua sekolah di Singkawang yang sudah menerapkan pendidikan harmoni hijau yakni SDN 02 Singkawang Timur dan SDN 04 Singkawang Utara.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013