Singkawang (Antara Kalbar) - Dua sekolah di Kota Singkawang yang telah menerapkan Pendidikan Harmoni Hijau mendapat kunjungan dari dinas pendidikan se-Kalimantan Barat, Rabu, yang ingin melihat secara langsung setelah diterapkan sejak tahun 2010.

Dua sekolah tersebut yakni SDN 02 Kecamatan Singkawang Timur dan SDN 04 Kecamatan Singkawang Utara

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Dwi Suryanto yang ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan, dengan melihat sekolah yang menerapkan Pendidikan Harmoni Hijau, dapat menjadi referensi bagi daerah lain untuk mengambil kebijakan.

"Ada tiga hal yang penting untuk memajukan sebuah sekolah, yakni manajemen, pembelajaran dan pemberdayaan yang bagus," ujar dia.

Ia mencontohkan, di sekolah yang menerapkan pendidikan harmoni hijau itu telah melibatkan masyarakat sekitar serta orang tua murid.

"Selain itu, juga ada pelibatan dari pihak lain seperti di Singkawang ini dengan Wahana Visi Indonesia, serta pemerintah daerah setempat," kata dia.

Pendidikan harmoni hijau bagian dari konsep pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang diterapkan untuk harmoni hijau.

Kemudian diintegrasikan dengan nilai kearifan lokal dan penanaman karakter yang memampukan anak menerapkan harmoni dengan diri sendiri, sesama, alam dan pencipta.

Kepala Sekolah SDN 02 Singkawang Timur, Bachri mengatakan, pendidikan harmoni hijau membuat siswa lebih mandiri.

"Setiap kegiatan, berhubungan dengan pelajaran, sekaligus menggali potensi anak," kata Bachri. ***4***

Biqwanto

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013