Pontianak (Antara Kalbar) - Dewan Pariwisata Sarawak menargetkan Rainforest World Music Festival (RWMF) 2013 yang bakal digelar 28 - 30 Juni akan menyedot 23 ribu pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Menurut Gustino Basuan dari Dewan Pariwisata Sarawak, dalam keterangan tertulis di Pontianak, Kamis, festival yang berlangsung tiga malam itu, pada tahun 2012 tercatat dihadiri sekitar 22.290 pengunjung.

"Tahun ini, bakal ada 21 band, dari 13 negara dan sisanya dari Malaysia, akan tampil dalam warna musik yang berbeda. Untuk pengunjung, kami harapkan 80 persennya dari luar Sarawak," ujar Gustino.

RWMF kembali terpilih untuk keempat kalinya sebagai peringkat ke-25 Festival Internasional oleh majalah musik dunia, Songlines, di Inggris.

Pengakuan itu membuat Sarawak masuk dalam salah satu peta tujuan wisata dunia. Selain itu, juga dari sejumlah negara tetangga, kunjungan terus meningkat.

Ia melanjutkan, RWMF dikemas dan dipromosikan mulai dari London, Inggris, hingga ke negara tetangga seperti Brunei Darussalam dan kawasan Semenanjung Malaysia.

Selain menyaksikan festival tersebut, wisatawan juga dapat menjelajahi dan berpetualang di alam Sarawak.

Mereka yang dijadwalkan tampil yakni dari Indonesia (Rafly Wa Saja), Iran (Mohsen Sharifian & The Lian Band), Australia (Nunukul Yuggera), Denmark (Habadekuk), Afrika Selatan (Dizu Plaatzies & The Ibuyambo Ensemble), Ukraina (Spiritual Seasons).

Kemudian dari Amerika Serikat (Pine Leaf Boys), Perancis, (Chet Nuneta), Kolombia (Rey Vallenato Beto Jamaica), Kroasia (Kries), Irlandia (Kila), Austria (Alp Bora) dan Korea Selatan (Palsandae).

Sedangkan dari Sarawak dan Malaysia, seperti Madeeh (menampilkan musik tradisional etnis Dayak Bidayuh), Juk Wan Emang (Kayan), Native Chanting, Maya Green (Sape), Rhythm in Bronze (Gong dan Gamelan), Lan E Tuyang (Sape dan tarian Orang Ulu), Sarawak Drums dan Shangyin Chinese Chamber Music Ensemble.

Harga tiket harian ditawarkan 120 ringgit Malaysia untuk dewasa dan 60 ringgit Malaysia untuk anak-anak usia 3 - 12 tahun. Sedangkan harga tiket selama pertunjukan, dijual seharga 330 ringgit Malaysia untuk dewasa, dan 160 ringgit Malaysia untuk anak-anak. Tiket-tiket tersebut dapat dipesan di www.ticketcharge.com.my.

 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013