Kupang (Antara Kalbar) - Proses evakuasi pesawat Merpati Nusantara Airlines dari landasan pacu Bandara Udara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga petang ini belum bisa dilakukan.

"Airport Duty Manager" PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Gabriel Lusi Keraf, Senin mengakui pesawat naas tersebut belum bisa dievakuasi karena badan pesawat harus dipotong terlebih dahulu.

"Pesawat tidak bisa ditarik keluar landasan pacu karena bagian tengah patah. Badan pesawat harus dipotong baru bisa dilakukan evakuasi," katanya.

Dia mengatakan, saat ini para petugas masih menunggu alat berat yang didatangkan dari Tenau Kupang untuk memotong badan pesawat, sebelum ditarik keluar bandara.

Karena itu, sejauh ini belum bisa diumumkan sampai jam berapa, bandara udara El Tari Kupang diumumkan untuk dibuka kembali untuk penerbangan dari dan ke bandara itu, katanya.

"Bandara mulai ditutup pada pukul 10.00 WITA untuk semua penerbangan dari dan ke bandara El Tari. Sampai saat ini belum bisa dibuka karena pesawat masih berada di landasan pacu. Akan ada pemberitahuan lebih lanjut kepada seluruh maskapai yang melayani rute penerbangan ke Kupang," ucapnya.

Pewarta: Bernadus Tokan

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013