Sungai Raya (Antara kalbar) - Realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya pada tahun anggaran 2013 akan meningkat menjadi Rp1 triliun setelah sebelumnya ditargetkan hanya Rp933,37 miliar.

"APBD kita tahun 2013 ini ada perkiraan peningkatan pendapatan Rp71,92 miliar dari target sebelumnya. Makanya, pembahasan APBD perubahan ini untuk mengubah target yang akan dicapai itu," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, perkiraan peningkatan pendapatan daerah tersebut berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) yang semula ditargetkan Rp60,6 miliar, bertambah 16,9 miliar atau 27,88 persen sehingga menjadi Rp77,53 miliar.

Muda menjelaskan, dalam perubahan APBD tahun anggaran 2013 itu merupakan penguatan kebijakan yang sudah dibuat pada APBD 2013 yang disahkan pada akhir tahun 2012.

"Perubahan-perubahan yang ada di dalamnya hanya sebatas penambahan atau penyesuaian terhadap rencana penerimaan daerah yang antara lain, berupa penambahan daerah yang sah berupa dana bantuan keuangan dari pemprov Kalbar, yang diperuntukkan pada bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, bidang komunikasi dan lainnya," tuturnya.

Selain itu, lanjut Muda, penambahan penerimaan daerah juga berasal dari transfer pemerintah pusat berupa dana alokasi tunjangan profesi guru serta hasil pajak penghasilan yang ditetapkan pada pasal 21 dan 25. Selain itu, penambahan PAD yang bersumber dari penerimaan lain-lain yang berasal dari piutang pajak bumi dan bangunan yang dilimpahkan ke Kubu Raya.

"Khusus penambahan penerimaan yang berasal dari piutang pajak bumi dan bangunan, perlu saya sampaikan bahwa penerimaan tersebut masih merupakan prakiraan untuk dapat ditagih, mengingat piutang tersebut merupakan akumulasi dari piutang pajak bumi dan bangunan dari tahun 2008 sampai dengan 2012 yang sebelumnya di kelola oleh pemerintah pusat," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kubu Raya Sujiwo menyatakan dalam pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2013 itu memang lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada lembaga eksekutif setempat karena bisa lebih cepat mempersiapkan pembahasannya.

"Kita targetkan APBD perubahan ini bisa diselesaikan sebelum Lebaran nanti. Namun, kita akan tetap menggiring hal ini agar bisa mengarah kepada keberpihakan terhadap masyarakat," kata Sujiwo.

Menurutnya, dari pemaparan yang disampaikan Bupati Kubu Raya terhadap pandangan umum Bupati pada APBD perubahan tersebut, dia menilai sudah sangat baik, dimana pemkab sendiri bisa meningkatkan target PAD pada tahun ini.

Namun, menurutnya, masih ada beberapa hal yang perlu dikuatkan seperti upaya penagihan piutang pajak bumi dan bangunan, dimana hal tersebut saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab dari pemda untuk mengolahnya sendiri.

"Untuk itu, ini perlu kerja keras dari dinas terkait agar target PAD ini bisa tercapai. Untuk yang lainnya, mungkin kita akan menunggu pandangan dari fraksi-fraksi sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut terhadap perubahan APBD ini," kata Sujiwo.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013