Sekadau (Antara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau berencana menambah mobil pemadam kebakaran (Damkar) karena saat ini baru memiliki satu unit mobil Damkar yang dirasa kurang memada untuk melayani seluruh wilayah Kabupaten yang memiliki tujuh kecamatan itu.

"Kebutuhan menambah mobil Damkar dirasa cukup mendesak mengingat armada yang ada terbatas. Saat ini, pemerintah Kabupaten Sekadau baru memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran, sedang dua unit mobil pemadam milik swasta, yakni Yayasan Bhakti Luhur. Jumlah ini dinilai masih kurang,"  ujar Akhmad Suryadi, Kepala Pelaksana BPBD Sekadau, baru-baru ini.

Menurut Akhmad, khusus untuk Sekadau, pihaknya menilai, minimal perlu tambahan satu lagi mobil pemadam kebakaran milik pemerintah daerah. Hal ini penting agar upaya pemadaman jika terjadi kebakaran bisa lebih maksimal.

Terlebih lagi, lanjutnya, kondisi mobil pemadam yang ada sekarang sudah kurang efektif lagi.

"Mobilnya sudah cukup berumur, mobil yang ada sekarang sudah berumur 7 tahun. Terkait penambahan armada mobil pemadam ini, pihak BPBD sudah melakukan penelahaan secara teknis. Mudah-mudahan bisa kita usulkan pembelian melalui APBD dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013