Singkawang (Antara Kalbar) - Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi (Rakor) rencana aksi atau kegiatan nyata komunitas hijau Kota Singkawang yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda kota Singkawang, Kamis.

Rencana aksi komunitas hijau adalah implementasi dan tindak lanjut dari terbentuknya FKH Kota Singkawang, sebagai bagian dari kegiatan program pengembangan kota hijau (P2KH) Kota Singkawang tahun 2013.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Al Fajri mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan sebelumnya FKH Kota Singkawang telah menyusun rencana aksi komunitas hijau yang terdiri dari penanaman pohon, lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar, kampanye Kota Hijau di di sekolah, lomba foto lingkuntan hidup tingkat sekolah, panggung kreasi remaja kota hijau serta senam dan jalan sehat.

"Rencana aksi komunitas hijau rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 21-22 September 2013," kata Al Fajri.

Rencana aksi "Green City Clean City" adalah sebuah gebrakan awal berupa kampanye peduli lingkungan dan pengenalan eksistensi komunitas sebagai embrio bagi gerakan pecinta lingkungan dan upaya-upaya pelestariannya yang berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat Singkawang secara luas.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Kota Singkawang, Apriyanto mengatakan penaggung jawab kegiatan yaitu pada Bappeda melalui Dipa APBN program P2KH memberikan anggaran sebesar Rp20 juta, namun dari enam kegiatan dimaksud diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp65 juta.

"Sehingga kekurangan dana akan diupayaklan melalui sponsor dan donatur dari pihak swasta maupun Pemerintah Kota Singkawang," kata Apriyanto.

Dengan adanya rakor ini diharapkan adanya dukungan dan bantuan serta pendampingan dari  pemerintah Kota Singkawang terhadap pelaksanaan rencana aksi komunitas hijau.

(MC Skw)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013