Rasau Jaya (Antara Kalbar) - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kubu Raya nomor urut dua, Muda-Harjo menyatakan siap untuk melanjutkan pembangunan di bidang pertanian, perikanan dan fasilitas transmigrasi di kecamatan Rasau Jaya untuk meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

"Selama empat tahun lebih saya menjabat sebagai bupati, sudah cukup banyak program pembangunan di bidang pertanian dan perikanan yang berhasil, bahkan menjadi program unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam pilkada kali ini saya kembali maju karena saya merasa masih memiliki tanggung jawab untuk kembali melanjutkan program," kata calon bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat berkampanye di kecamatan Rasau Jaya, Sabtu.

Dia menyatakan, sengaja memilih Suharjo sebagai wakil karena sudah cukup berpengalaman dan terbilang sukses dalam memajukan program pertanian dan perikanan saat menjabat sebagai kepala dinas Pertanian dan peternakan serta Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kubu Raya.

"Bahkan, Pak Harjo ini juga pernah menjabat sebagai kepala dinas Transmigrasi di Kabupaten Pontianak, sehingga saya yakin dia bisa membantu saya memajukan perekonomian masyarakat di bidang pertanian dan perikanan serta mempercepat pembangunan di daerah transmigrasi, sepert di Rasau Jaya ini," tuturnya.

Muda menyatakan, untuk pembangunan di bidang infrastruktur, khususnya di Rasau Jaya, saat menjabat sebagai bupati Kubu Raya pihaknya telah membuat kebijakan untuk membangun jalan poros di setiap titik desa yang ada di kecamatan itu. Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat Rasau Jaya yang notabene sebagai petani dalam mengangkut dan menjual hasil buminya.

Bahkan, kecamatan Rasau Jaya juga dijadikan sebagai Kota Terpadu Mandiri untuk mempercepat pembangunan baik di kecamatan itu dan kecamatan lainnya.

"Ini semua bisa kita lakukan berkat kerja sama yang baik dari masyarakat Rasau Jaya khususnya dan Kubu Raya umumnya. Bisa kita lihat sendiri saat ini pembangunan terus berproses, makanya kita harus bersama-sama melanjutkan perjuangan yang sudah kita lakukan agar pembangunan yang sebenarnya bisa terwujud," kata Muda.

Muda juga menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selama ini telah memaksimalkan keberadaan Kota Terpadu Mandiri Rasau Jaya sebagai pusat pengembangan bisnis dan UMKM di kabupaten itu.

Untuk menjadikan KTM tersebut sebagai pusat perkembangan bisnis dan UMKM, dia mengatakan pihaknya akan meramu agar sektor-sektor yang menjadi andalan di Kubu Raya, seperti pertanian, peternakan dan perikanan dapat dengan mudah dikembangkan untuk mendongkrak tingkat perekonomian masyarakat.

Dia menjelaskan, Pemkab Kubu Raya tetap berkomitmen memperlancar akses ke KTM Rasau Jaya tersebut dengan dana patungan antara pusat dan kabupaten.

"Untuk mendukung percepatan pembangunan di KTM Rasau Jaya itu, kita akan mensinergikan berbagai program yang ada. Misalnya, untuk dinas Pendidikan dapat membangun sekolah di kawasan KTM Rasau Jaya, Dinas Kesehatan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Dinas Perhubungan membangun jalan dan jembatan serta instansi-instansi lainnya," tuturnya.

Dia menjelaskan, Pemkab Kubu Raya tetap berkomitmen memperlancar akses ke KTM Rasau Jaya tersebut dengan dana patungan antara pusat dan kabupaten.

"Untuk mendukung percepatan pembangunan di KTM Rasau Jaya itu, kita akan mensinergikan berbagai program yang ada. Misalnya, untuk dinas Pendidikan dapat membangun sekolah di kawasan KTM Rasau Jaya, Dinas Kesehatan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Dinas Perhubungan membangun jalan dan jembatan serta instansi lainnya," tuturnya.

Apabila hal tersebut telah berlangsung, maka masyarakat dengan sendirinya akan datang ke KTM Kubu Raya, karena daya tariknya di berbagai sektor pembangunan.

"Kalau ini sudah berhasil, konsep transmigrasi yang sekarang tidak perlu dilakukan lagi, karena masyarakat akan datang dengan sendirinya," katanya.  

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013