Pontianak (Antara Kalbar) - Calon Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, jika ia dan pasangannya calon Wali Kota Pontianak Sutarmidji (Petahana) terpilih, dirinya akan memfokuskan penataan dalam program penyehatan lingkungan pemukiman penduduk.

Meski sempat dijuluki kota seribu parit namun bukan berarti kota pontianak bebas dari genangan air. Parit yang menjadi drainase kota khatulistiwa ini kerap meluap ketika air pasang maupun saat hujan tiba.

Oleh sebab itu, dalam kegiatan kampanyenya, di zona A Pontianak Kota, calon Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melakukan kegiatan bakti sosial bersama tim suksesnya, dengan membersihkan sejumlah drainase dan parit di kawasan Jalan Merdeka.

Kegiatan ini dikatakan Edi Rusdi Kamtono sebagai wujud kepeduliannya dalam mewujudkan Kota Pontianak yang berwawasan lingkungan lewat program penyehatan lingkungan pemukiman.

Menurut Edi Rusdi Kamtono, saat ini masih dapat ditemui buruknya drainase pemukiman warga di tengah hiruk pikuknya Kota Pontianak, termasuk sanitasi masyarakat yang buruk yang harus segera ditangani secara menyeluruh.

Apalagi dijelaskan Edi, parit di sekitar pemukiman warga Pontianak Kota, masih dipakai untuk keperluan MCK,  padahal air tersebut sudah terkontaminasi atau tercemar oleh buruknya sanitasi itu.

Dalam kesempatan itu,  setelah mengetahui permasalahan ini, kedepan apabila dirinya terpilih nanti, akan segera mendorong program penyehatan lingkungan yang berfokus pada drainase lingkungan di Kota Pontianak, termasuk pembenahan sanitasi masyarakat hingga bantuan perbaikan rumah tidak layak huni hingga program lain yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013