Pontianak  (Antara Kalbar) - Calon Wali Kota Pontianak Sutarmidji (petahana) yang berpasangan dengan wakil wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, komitmennya melanjutkan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, dan infrastruktur pendidikan di kota itu.

"Insa Allah, kalau saya dan pak Edi Rusdi Kamtono terpilih, maka begitu dilantik akan langsung bekerja dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pontianak," kata Sutarmidji saat melakukan kampanye di kawasan Jalan Parit Haji Husin II, Kecamatan Pontianak Tenggara, Jumat.

Sutarmidji menjelaskan, kalau masih dipercaya oleh masyarakat Kota Pontianak untuk memimpin lima tahun ke depannya, dirinya akan melanjutkan apa yang telah dilakukan dalam empat tahun terakhir.

Empat tahun terakhir yang telah dilakukan, seperti pelebaran jalan menggunakan pondasi beton, peningkatan pelayanan air bersih, penataan drainase, pembangunan kembali pasar-pasar tradisional, melakukan perbaikan atau rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni dan lain-lain.

Ia mencontohkan, beberapa jalan protokol Kota Pontianak yang sudah dilebarkan menggunakan pondasi beton, diantaranya Jalan Komodor Yos Sudarso, Jalan 28 Oktober, Jalan Panglima Aim, Prof M Yamin, Jalan Purnama, Jalan Tanjung Raya I dan II, dan lain-lain.

Sepanjang tahun 2013, Pemkot dan PDAM Tirta Khatulistiwa telah membangun empat unit "booster" dalam meningkatkan distribusi air ke pelanggan, dengan total kapasitas 1.800 liter/detik sehingga akan bisa melayani puluhan ribu pelanggan baru lagi dari saat ini sekitar 88 ribu pelanggan.

Menurut Sutarmidji, pada masa kepemimpinan dia, juga melakukan penataan drainase, dengan terlebih dahulu membuat parit sebelum pelebaran jalan, seperti membangun saluran parit di sepanjang Jalan Tabrani Ahamad, Danau Sentarum Dr Wahidin dan lain-lain.

"Bahkan sekarang, parit di depan Kantor Pajak Pontianak, Jalan Ahmad Yani sekarang dilakukan pelebaran," ujarnya.

Juga telah melakukan pembangunan kembali Pasar Kemuning, Teratai, Puring, dan terakhir Pasar Flamboyan sehingga pasar tradisional itu menjadi lebih bersih, tertata dengan rapi.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji menyatakan, dirinya juga sudah melakukan perbaikan terhadap RTLH sebanyak 4.100 unit yang tersebar di enam kecamatan kota itu.

Menurut dia, tinggal dua ribuan lagi RTLH yang belum dilakukan perbaikan. "Kalau saya terpilih kembali, maka dua tahun lagi sebanyak dua ribuan tersebut, Insya Allah sudah bisa dilakukan perbaikan," ujarnya.

Calon wali kota Pontianak tersebut menambahkan, alasan diprioritaskannya pembangunan rehabilitasi RTLH, karena ia memandang rumah adalah tempat tinggal masyarakat.

"Kalau rumahnya saja tidak layak huni bagaimana penghuninya bisa hidup sehat," katanya.

Kalau kemiskinan pangan sudah teratasi maka kemiskinan sandang dan pangan akan lebih mudah diatasi, kata Sutarmidji.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013