Sekadau (Antara Kalbar) - Pendaftaran pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau yang berlangsung 12-28 September 2013 telah usai dilakukan oleh panitia yang dikoordinasi langsung oleh Kantor Kepegawaian Daerah (KKD) Kabupaten Sekadau.

Animo pelamar CPNS tahun 2013 cukup tinggi. Bahkan tidak hanya pelamar yang berasal dari Kabupaten Sekadau yang mendaftar, dari luar kabupaten juga ikut mendaftarkan diri sebagai CPNS di Pemkab Sekadau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Yohanes Jhon, yang juga ketua pelaksanaan penerimaan CPNS Formasi Tahun 2013 mengatakan jumlah pelamar CPNS di Kabupaten Sekadau secara keseluruhan dari tiga formasi yang disediakan yakni formasi kesehatan, pendidikan dan teknis sebanyak 2.754 orang.

Dari jumlah pelamar yang mendaftar tersebut, lanjut alumni S2 Magister Management Untan ini, untuk pelamar dari S-1 sebanyak 2.051 pelamar dan untuk pelamar D-3 sebanyak 703 orang. Formasi yang diperebutkan oleh peserta tes yakni formasi kesehatan, pendidikan dan teknis.

Dijelaskan pria kelahiran 1957 ini, jika dirinci berdasarkan daerah asal pelamar, pelamar yang berasal dari luar daerah Kabupaten Sekadau dan atau yang menggunakan identitas KTP dari luar Kabupaten Sekadau lebih besar jumlahnya jika dibandingkan jumlah pelamar yang berasal dari daerah Kabupaten Sekadau.

Diungkapkannya, peserta  tes yang berasal dari luar Kabupaten Sekadau sebanyak 1.642 orang atau 59,62 persen, sedangkan pelamar yang berasal dari Kabupaten Sekadau sebanyak 1.112 orang atau 40, 38 persen.

Dikatakan  Sekda, pelaksanaan tes dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Penentuan keberhasilan pelamar ditentukan oleh panselnas dengan melibatkan 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dalam bentuk konsorsium, oleh karena itu keberhasilan peserta ditentukan oleh hasil tes masing-masing peserta.

Dari presentasi ini dapat tergambar secara jelas bahwa konsep rekruitmen CPNS mengedepankan nasionalisme, transparansi dan akuntabilitas, oleh karena itu ketika peserta yang dinyatakan lulus yang kebetulan berasal dari luar dari Kabupaten Sekadau diharapkan dapat mendedikasikan pengabdiannya secara penuh untuk membangun Kabupaten Sekadau. dalam arti tidak menjadikan Kabupaten Sekadau sebagai halte untuk menunggu diterbitkannya SK pegawai.

“Jadi tidak ada lagi pake calo-calo. Oleh karena itu saya tegaskan bahwa tidak ada lagi calo yang bisa menjanjikan untuk lolos,” paparnya.

Tugas Kemenpan

Bupati Sekadau Simon Petrus kepada wartawan di Sekadau, Selasa (1/10), mengatakan bahwa Pemkab Sekadau sudah melaksanakan tugas atau amanah yang disampaikan oleh Kementerian Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi sebagaimana yang yang tercantum dalam surat Menpan dan RB No : R/173.F/M.PAN/RB/08/2013 tentang persetujuan rincian formasi CPNS daerah untuk pelamar umum tahun 2013.

“Dengan dasar itu Pemkab Sekadau sudah menindaklanjutinya dengan pengumuman BupatiSekadau nomor 813/1186/KKD tanggal 6 september 2013 tentang.

Dikatakan mantan Camat Belitang Hulu ini, dalam hal penerimaan atau perekrutan CPNS Pemkab Sekadau memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh pelamar umum CPNS untuk mengikuti tes CPNS di lingkungan Pemkab Sekadau.

“Ini adalah kesempatan baik bagi para pelamar, untuk itu ikutilah seluruh prosedur penerimaan CPNS sebagai mana yang telah diatur berdasarkan surat menpan serta pengumuman Bupati Sekadau tersebut," katanya.

Bupati Sekadau juga mengingatkan kepada pelamar maupun orang tua agar jangan percaya dengan calo, pasalnya perekrutan pelamar CPNS tahun 2013 ini dilakukan langsung oleh panitia seleksi nasional (panselnas).

“Saya mbau kepada para pelamar dan kepada orang tua jangan percaya dengan calo, yang menjanjikan bisa meloloskan para pelamar. Saya mengimbau ikutilah tes dengan sungguh-sungguh dan serius,” pinta Bupati.
 
Di tempat terpisah Kepala KKD Markus Aron Aput mengatakan berkaitan dengan pelaksanaan tes, masalah tes akan bersamaan dengan tenaga honor kategori dua hanya berbeda tempat.

Berkaitan dengan masalah penomoran dan atau kartu ujian karena ada perubahan masalah kartu ujian yang tadinya  Kabupaten Sekadau menggunakan RK 9 tahun 2013 akan disesuaikan dengan kartu tes yang terbaru dari BKN dan akan ditukar dengan kartu tes yang baru, yakni dari tanggal 30 Oktober sampai dengan 1 November 2013.

“Nomor test yang baru formatnya langsung dari BKN, untuk penerbitannya melalui BKD Kabupaten Sekadau," katanya.

Aput melanjutkan, Khusus untuk tenaga honor atau kategori 2 akan ditangani langsung oleh panitia seleksi nasional dengan melibatkan 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dalam bentuk konsersium, termasuk masalah penomoran tes akan ditentukan langsung oleh pusat.

Aput juga menjelaskan tugas konsorsium, yakni mulai dari membuat master soal tes, sampai dengan memeriksa hasil tes/ujian sekaligus merankingnya, jadi mereka tidak berhak menentukan kelulusannya. Soal nanti akan diagendakan di daerah yaitu di provinsi masing-masing di bawah pengawasan intelijen bagian persandian negara.
 
Sedangkan tugas panitia daerah mulai dari provinsi sampai kabupaten/kota, sebut Aput, hanya memfasilitasi mulai dari membuat pengumuman atau pendaftaran, menyiapkan tempat tes, baik untuk pelamar umum maupun tenaga honor.

Dalam pelaksanaanya tes nantinya, lanjut Aput, akan dipantau langsung oleh tim panselnas dari pusat. Untuk diketahui juga dari semua pelamar yang sudah memasuki usia kritis atau usia batas maksimal berdasarkan ketentuan yakni maksimal 35 tahun sekitar 30 persen, baik dari dalam atau luar Kabupaten Sekadau.

Untuk tempat tes akan menggunakan beberapa gedung sekolah seperti SMA Karya, SMPK St. Gabriel, SD Katolik Slamet Riyadi, SMPN 1 Sekadau Hilir, SDN 1 Sekadau Hilir dan SDN 21 Sekada Hilir. khusus untuk tenaga honor kategoori 2 akan rencananya akan ditempatkan di SMPK Santo Gabriel.

Sebelum pelaksanaan  test khusus untuk tenaga honor kategori 2 akan dikumpulkan atau dipanggil petengahan Oktober 2013. Dalam pertemuan itu nanti kita akan memberikan kartu tes bagi peserta kategori 2. Mengenai soal tentu akan berbeda dengan pelamar umum, soal kategori 2 ini dibuat langsung oleh pusat,” ujarnya.  

Semua proses yang sudah dittapkan oleh panitia sudah mereka lewati. Benar kah diantara mereka yang nantinya dinyatakan lulus atau bagi mereka yang beruntung, betul – betul mengabdikan diri untuk membangun  kabupaten sekadau sejahtera, mandiri dan demokratis? atau hanya sekedar mengambil nomor NIP saja, kemudian setelah mendapatkan NIP, dengan beribu alasan kemudian mengajukan pindah.


*Humas Pemkab Sekadau

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013