Pontianak (Antara Kalbar) - Gerakan Ekonomi Syariah (Gres) yang diusung Bank Indonesia akan segera diluncurkan di Kalimantan Barat dengan diawali serangkaian kegiatan memperkenalkan gerakan tersebut.

Ketua Panitia Peluncuran Gres, Obaid M Fahmi di Pontianak, Jumat mengatakan, "Gres!" akan dikenalkan kepada masyarakat luas dalam beberapa rangkaian kegiatan bazar dan expo yang dimeriahkan oleh sejumlah perbankan syariah di Kalbar.

Kegiatan itu diadakan di Ayani Mega Mal Pontianak pada Sabtu - Minggu (9-10/11).

Menurut dia, Gres program kampanye ekonomi syariah di Indonesia."Soft Launching" secara nasional juga telah resmi digelar Selasa (5/10).

Selain bazar dan expo, berbagai perlombaan juga turut menyemarakkan gelaran "Gres!" tersebut. Mulai dari lomba mewarnai baik tingkat TK dan SD yang akan diikuti oleh 50 peserta, dan lomba Nasyid yang akan melibatkan sedikitnya 9 grup peserta.

"Tak hanya itu untuk hari berikutnya pengunjung akan di hibur dengan penampilan dai-dai cilik yang akan menampilkan persembahan terbaiknya serta `fashion show` para hijabers," ujarnya.

Rangkaian kegiatan peluncuran Gres merupakan kerja sama Bank Indonesia (BI) dengan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Jurnalis Perempuan Khatulistiwa (JPK) di Kalbar.

Obaid mengaku optimistis kegiatan itu dapat mengundang perhatian publik, masyarakat mulai dari perguruan tinggi, pelaku usaha, anggota masyarakat ekonomi syariah, pelaku usaha mikro.

Secara resmi Pembukaan dan Launching Gres di Kalbar ditandai dengan simbol pemberian PIN dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) kepada Walikota Pontianak serta dihadiri perwakilan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Deputi Gubernur BI pada Selasa (19/11).

Pada hari itu diadakan seminar bertema "Memasyarakatkan Ekonomi Syariah" di aula Kantor BI Kalbar. Adapun beberapa pembicara yang akan mengisi seminar adalah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Hilman Tisnawan, Pengamat Ekonomi sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi Untan Dian Patria.

Obaid mengungkapkan kegiatan Gres! merupakan kegiatan bersama dalam sosialisasi syariah kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat memicu spirit lebih kuat seluruh elemen ekonomi syariah yang ada.

"Persiapannya juga sudah 100 persen siap untuk launching Gres!," imbuhnya.

Untuk ituia berharap masyarakat dapat turut menikmati dan terhibur dengan sejumlah rangkaian acara yang disajikan. "Harapan kita agar gerakan ekonomi syariah ini mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat," katanya.

(N005)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013