Jakarta (Antara Kalbar) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan peringatan Hari Ibu tahun 2013 bisa menjadi momentum bagi peningkatan pembangunan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Karena itu, pada tahun 2013 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali memberikan anugerah parahita ekapraya kepada kementerian/lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota," katanya usai acara puncak peringatan hari ibu 2013 di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, anugerah diberikan atas keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Anugerah parahita ekapraya adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada lembaga pemerintah atas prestasinya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender," katanya.

Anugerah, tambah dia, selalu diberikan pada setiap puncak peringatan hari ibu sejak tahun 2004 lalu.

"Belakangan ini penilaian APE diperluas, tidak hanya dalam aspek pelaksanaan pembangunan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan saja, namun juga dalam aspek pelaksanaan perlindungan anak," katanya.

Dia menambahkan, seleksi bagi para penerima APE dilakukan oleh tim verifikasi yang bersifat independen, yaitu para pemerhati gender dan anak.

Dengan anugerah tersebut, diharapkan dapat meningkatkan komitmen banyak pihak untuk mewujudkan pembangunan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Selain itu, diharapkan dapat mendorong pihak lain untuk ikut berpartisipasi dan mendapatkan anugerah serupa.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013