Pontianak (Antara Kalbar) - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat melalui Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) membagikan empat ribu masker ke masyarakat Kota Pontianak dan sekitarnya yang terkena dampak kabut asap.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalbar, Syamsi di Pontianak, Kamis, pembagian masker dilakukan pada Rabu (5/2) sore hingga selesai.

"Kondisi cuaca yang kini sangat tidak sehat karena kabut asap, sehingga Bank Indonesia berinisiatif menyalurkan program sosial melalui komunitas GenBI," kata Syamsi.

Ia melanjutkan, sedikitnya ada 20 mahasiswa dari komunitas GenBI Kalbar yang turun langsung membagikan masker di Bundaran Tugu Deugulist Universitas Tanjungpura Pontianak.

"Pembagian masker akan kembali dilakukan. Kami merencanakan pada Jumat besok," kata Syamsi.

GenBI merupakan komunitas yang terbentuk sejak awal tahun 2011. Anggotanya adalah para penerima beasiswa BI yang aktif di berbagai kegiatan sosial, wira usaha dan kesehatan.

Mereka berasal dari dua universitas negeri, yakni Universitas Tanjungpura dan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Setiap tahun, penerima dari masing-masing universitas sekitar 40 orang. Namun, untuk anggota komunitas GenBI sendiri termasuk alumni dan sifat keanggotaannya seumur hidup.

Ia menambahkan, tujuan pembentukan komunitas mahasiswa penerima beasiswa BI merupakan cara untuk lebih merekatkan hubungan.

"Sekaligus mendekatkan mahasiswa selaku penerima dengan BI selaku pemberi beasiswa," katanya.

Kota Pontianak dan sekitarnya dalam beberapa hari diselimuti kabut asap karena pembakaran lahan.

Kondisi itu membuat jarak pandang terbatas, dan gangguan ISPA bagi warga yang terkena dampak.

T011



Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014