Pontianak (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang telah memulai proses pelipatan surat suara dengan melibatkan warga setempat.

Anggota KPU Kabupaten Bengkayang Pokja Logistik, Iyos saat dihubungi dari Pontianak, Senin menuturkan, proses melipat surat suara dilakukan di gedung Pesparawi Kabupaten Bengkayang.

"Prosesnya dimulai sejak Sabtu kemarin, dengan melibatkan warga sekitar," kata Iyos.

Ia memperkirakan proses pelipatan surat suara itu akan berlangsung selama beberapa hari mengingat jumlah yang cukup banyak.

Surat suara yang diterima KPU Kabupaten Bengkayang sebanyak 665.409 lembar. Surat suara itu terbagi menjadi untuk DPR RI 166.350 lembar, DPD RI 166.350 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 166.350 lembar.

Kemudian DPRD Kabupaten 166.359 lembar dan dibagi dalam empat daerah pemilihan. Daerah pemilihan I 34.034 lembar, daerah pemilihan 2 39.603 lembar, daerah pemilihan tiga 37.154 lembar, dan daerah pemilihan empat 55.568 lembar.

Ia melanjutkan, pelipatan surat suara dimulai dari untuk DPRD Kabupaten Bengkayang daerah pemilihan satu dan seterusnya.

Menurut Zar`an, salah seorang warga yang ikut melipat surat suara, untuk daerah pemilihan satu sudah selesai pada Sabtu (1/3). Kemudian pada Minggu (2/3), sudah melipat surat suara untuk daerah pemilihan II DPRD Kabupaten Bengkayang.

Ia sendiri mengaku dalam satu jam bisa melipat seratus lembar hingga 150 lembar surat suara.

KPU Kabupaten Bengkayang termasuk penyelenggara pemilu yang wilayahnya beragam mulai dari perbatasan, kepulauan, pesisir hingga daerah terpencil.

Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Martinus Khiu sempat mengkaji kemungkinan pengiriman logistik menggunakan helikopter untuk daerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi darat.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014