Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali optimistis di masa kepemimpinannya selama lima tahun ke depan, dia dan wakilnya Hermanus akan mampu memeratakan pembangunan di setiap kecamatan dan desa.

"Pada masa kepemimpinan bupati sebelumnya, kita akui memang banyak melakukan terobosan-terobosan untuk masyarakat maupun untuk pembangunan di pemerintahan. Namun, saya yakin kami bisa lebih baik," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Senin.

Menurutnya, dalam waktu lima tahun ke depan, dia optimistis dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kubu Raya. Pembangunan akan difokuskan di kecamatan dan pedesaan dengan mengalokasikan dana pembangunan daerah secara maksimal serta tepat pada sasarannya.

"Kami yakin pembangunan di Kubu Raya akan menjadi percontohan bagi kabupaten lainnya yang ada di Kalbar maupun di luar provinsi Kalbar," katanya.

Untuk menciptakan hal itu, kata dia, harus didukung oleh kecamatan, desa dan seluruh SKPD yang ada di Kubu Raya. Karena dengan adanya keakraban dan kebersamaan, maka pembangunan yang diharapkan selama ini akan dapat terwujud.

Menurutnya, sebagai kabupaten termuda di Provinsi Kalbar, Kubu Raya banyak menyerap dana dana alokasi umum provinsi sebesar Rp128 miliar. Sedangkan dana BOS sebesar Rp52 miliar, pemerintahan desa Rp552 juta, dan kecamatan Rp700 juta.

"Diharapkan kepada kepala SKPD, camat dan desa dapat menggunakan dana itu dengan baik. Sehingga anggaran yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi untuk Kabupaten Kubu raya ini dapat bermanfaat dengan yang kita harapkan bersama," katanya.

Ia pun tidak menampik, dalam menjadi seorang pemimpin tentu akan banyak godaan-godaan dan tuntutan, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya penyelewengan.

"Untuk itu saya meminta kepada masyarakat Kubu Raya untuk mengingatkan kami sebagai pemimpin Kubu Raya ini. Apa bila masyarakat menemukan hal-hal yang berbau praktik korupsi atau penyelewengan anggaran di tingkat Kecamatan, Desa maupun di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kubu Raya sendiri diharapkan masyarakat proaktif hal itu," kata Rusman Ali.

Ia pun mengatakan, bahwa Kubu Raya ini merupakan Kabupaten yang berpotensi sangat besar. Namun dengan adanya potensi ini diharapkan dapat membawa kemajuan dalam perekonomian maupun pembangunan.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014