Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus membuka langsung kompetisi olahraga pelajar (KOP) tahun 2014 yang dimulai Kamis (20/3).

Rupinus dalam sambutannya menuturkan kompetisi bidang olahraga merupakan salah satu bentuk pembinaan bagi para pelajar yang memiliki minat dan bakat dalam dunia olahraga di cabang apapun. Kegiatan itupun dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Mudah-mudahan melalui event ini akan ditemukan bibit-bibit atlit berbakat yang bisa diandalkan sebagai perwakilan Kabupaten Sekadau dalam event di tingkat yang lebih tinggi,” harap Rupinus.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sekadau, Djemain Burhan mengatakan, KOP akan dihelat selama tiga hari dari tanggal 20 - 23 maret. Sebanyak 535 pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Sekadau ikut bertanding dalam kejuaraan tersebut.

“Sebelumnya, mereka yang bertanding dalam KOP telah melewati seleksi di Kecamatan. Jadi, masing-masing kecamatan menghadirkan utusannya,” kata Djemain.

Setidaknya ada sebelas cabang olahraga yang dipertandingkan dalam KOP 2012 diantaranya cabang atletik, bola volley, sepak takraw, bulutangkis, catur, tenis meja, pencak silat, karate, taekwondo, renang dan sepakbola.

“Khusus untuk cabang sepakbola, pertandingannya akan diselenggarakan terpisah dalam liga pendidikan Indonesia (LPI) mendatang,” jelas Djemain.

KOP merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pemerintah daerah. Adapun tujuang KOP yakni untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap dunia olahraga, memotivasi para pelajar untuk meraih prestasi dalam bidang olahraga, memasyarakatkan olahraga, serta yang tak kalah penting untuk menjaring bibit-bibit atlit berbakat.

“Nantinya, mereka yang keluar sebagai juara akan diutus menjadi perwakilan Kabupaten dalam event Porprov yang akan diselenggarakan pada bulan Mei sampai Juli 2014 nanti,” papar Djemain.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014