Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (BPMPAKB) kota setempat akan menggelar lomba teknologi tepat guna tahun 2014.

"Lomba TTG tahun 2014 terbuka untuk umum, baik peserta dari individu maupun institusi dan kelompok masyarakat, untuk pendaftaran sudah dimulai sejak 20 Maret hingga 21 April," kata Kepala BPMPAKB Kota Pontianak Dharmanelly, Jumat.

Dharmanelly menjelaskan, melalui lomba tersebut pihaknya mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya dalam bentuk TTG sehingga dari hasil olahan TTG bisa menghemat waktu, menyelamatkan lingkungan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat,.

Persyaratan untuk mengikuti lomba cipta karya TTG, yakni peserta harus menciptakan alat-alat TTG melalui inovasi dan ide kreatifnya dengan kriteria mudah diaplikasi oleh masyarakat, mudah dibawa, ramah lingkungan, dan biaya untuk pembuatannya terjangkau.

"Jadi kami berharap ada alat-alat TTG hasil karya masyarakat Pontianak yang bisa bermanfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta digunakan oleh banyak orang nantinya," kata Dharmanelly.

Menurut dia, dari lomba-lomba sebelumnya hasil karya masyarakat Pontianak masih perlu ditingkatkan agar memenuhi kriteria dalam lomba TTG tingkat nasional.

"Kalau ingin bersaing di tingkat nasional, alat-alat yang diciptakan sebaiknya yang mudah dibawa dan harganya terjangkau oleh masyarakat," ungkapnya.

Dharmanelly menyatakan, Kota Pontianak sudah sering mewakili Provinsi Kalbar di tingkat nasional dalam lomba TTG, namun sayangnya peralatan yang diikutsertakan masih belum bisa bersaing dengan daerah-daerah lainnya.

Ia berharap dengan digelarnya lomba TTG ini ada karya dari Kota Pontianak yang mampu bersaing di lomba TTG tingkat nasional yang rencananya akan digelar bulan Juni 2014.

Dhamanelly mengajak masyarakat Kota Pontianak beramai-ramai mendaftarkan diri dalam lomba cipta karya TTG di Kantor BPMPAKB Kota Pontianak (Komplek Kantor Wali Kota) atau di kantor-kantor camat se-Kota Pontianak.

"Penilaian akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2014 langsung di lokasi peserta," katanya.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014