Pontianak  (Antara Kalbar) - Kepolisian sektor terdekat dengan tempat pemungutan suara (TPS) disiagakan di beberapa kabupaten Provinsi Kalimantan Barat yang akan melakukan pencoblosan ulang, Sabtu (12/4), kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar AKBP Mukson Munandar.

"Tiap TPS besok akan masing-masing dijaga oleh dua personel kepolisian, sementara itu sejumlah personel polisi disiagakan di Polsek terdekat TPS tersebut," kata Mukson Munandar di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, penjagaan dan disiagakannya polisi di Polsek terdekat yang akan menggelar pencoblosan ulang hanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saja.

"Kalau polisi langsung ramai di tempat di TPS, maka masyarakat akan terganggu, sehingga kami siagakan di Polsek terdekat TPS yang melakukan pencoblosan ulang saja, agar memudahkan pengiriman bantuan pengamanan kalau memang dibutuhkan," ungkap Mukson.

Polda Kalbar mengerahkan sebanyak 6.787 personel untuk mengamankan proses Pemilu 2014 di Kalbar.

Ada 15 TPS di Kalbar yang harus melakukan pencoblosan ulang karena ada surat suara yang tertukar, yaitu di tingkat DPRD Provinsi.

Data KPU Provinsi Kalbar mencatat pemungutan suara ulang tersebar di Kabupaten Sanggau (empat TPS), Kabupaten Sekadau (enam TPS), Kabupaten Melawi, Kabupaten Kapuas Hulu, Kota Singkawang dan Kota Pontianak masing-masing satu TPS.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014