Sintang (Antara Kalbar) - Ketua KPU Sintang, Supranto Aji menyatakan sudah ada tiga PPK yang menyerahkan hasil pleno rekapitulasi suara ke KPU Sintang.

Ketiga PPK yang sudah menyerahkan hasil pleno rekapitulasi yaitu Ketungau Hilir, Kelam Permai dan Kayan Hilir.

Ia mengatakan sebagian besar PPK masih melaksanakan pleno rekapitulasi suara. Karena rekapitulasi suara di tingkat PPK sesuai jadwal baru berakhir pada 18 April mendatang. Sementara KPU Sintang akan melaksanakan pleno pada 19 April mendatang.

Supranto mengungkapkan sampai saat ini belum ada pihak yang mengajukan dilakukannya pemilu ulang di TPS-nya. “Kami juga belum mendapat informasi adanya TPS yang melakukan perhitungan ulang,” katanya.

Ia mengatakan jika ada pihak yang mengajukan keberatan terhadap hasil rekapitulasi bisa dicek kembali data-datanya satu tingkat di bawahnya. “Kalau misalkan ada keberatan dengan hasil rekapitulasi di tingkat PPK bisa dicek kembali data-datanya di tingkat PPS. Kalau pun ada yang ingin mengajukan penghitungan ulang bisa dilakukan perhitungan ulang. Tapi sampai saat ini belum ada tuntutan untuk perhitungan ulang ataupun pemilu ulang,” jelasnya.

Dia meminta PPK yang telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara untuk segera menyampaikannya ke KPU Sintang. Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Kelam Permai, Petrus Alianto membenarkan pihaknya telah menyampaikan hasil rekapitulasi suara di Kecamatan Kelam Permai ke KPU Sintang.

Petrus mengatakan pelaksanaan rekapitulasi suara di PPK Kelam Permai berjalan lancar dan semua saksi dari parpol menandatangani hasil pleno. Dikatakannya, partai yang memperoleh suara terbanyak untuk tingkat DPRD Kabupaten di Kecamatan Kelam Permai yaitu PDIP, Nasdem, Hanura, Gerindra, Demokrat, PAN dan PKB.

Ketua PPK Ketungau Hilir, Harman mengatakan rekapitulasi suara di Kecamatan Ketungau Hilir juga tidak ada persoalan. “Tidak ada komplen dari saksi dan pleno terbuka. Semua partai juga menandatangani hasil pleno,” jelasnya.

Dia mengatakan untuk DPRD kabupaten, partai yang menang di Kecamatan Ketungau Hilir yaitu PDIP, PKPI, Nasdem, Gerindra dan PPP.
 

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014