Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang menggelar peringatan hari Otonomi Daerah (Otda)  Tahun 2014 di halaman Kantor Walikota Singkawang, Jumat (25/4). Dengan tema “Dengan Otonomi Daerah Kita Sukseskan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 Dalam Upaya Memperkuat Tatakelola Pemerintahan Daerah”.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dalam sambutan yang dibacakan Plh. Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Hamidi Irwansyah  memberikan apresiasi kepada seluruh Pemerintah Daerah dan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu DPR, DPD dan DPRD pada tanggal 9 April 2014 yang berjalan lancar.

“Hal ini sebagai bagian dari komitmen kita mengimplementasikan tatakelola Pemerintahan Daerah serta sejalan dengan tema HUT Otda ke XVIII yaitu Dengan Otonomi Daerah Kita Sukseskan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 Dalam Upaya Memperkuat Tatakelola Pemerintahan Daerah,” kata Hamidi.

Tema ini dipilih untuk mengingatkan daerah agar pemilu parlemen dan pemilu kepala daerah dilakukan serius untuk menghasilkan pemerintahan daerah yang baik agar bisa menghasilkan tata kelola yang baik.

“Selain itu, tema peringatan ini juga merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada jajaran Pemerintah dan Pemerintahan Daerah untuk memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan amanah serta tugas untuk memberdayakan prinsip-prinsip otonomi daerah yaitu dalam mewujudkan daerah menjadi lebih mandiri, maju dan sejahtera dalam kerangka NKRI,” katanya.

Otonomi Daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan yang harus dicapai dengan tata kelola pemerintahan yang baik.  Praktik kepemerintahan yang baik mensyaratkan bahwa pengelolaan dan keputusan manajemen publik harus dilakukan secara transparan dan akuntabel.

“Oleh karena itu bertepatan dengan momentum peringatan Hari Otonomi Daerah mari, seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kota Singkawang untuk senantiasa meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat,” ajak Hamidi.

(MC Singkawang)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014