Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Husein Syawiek mengatakan sampai saat ini pihaknya masih terus memperjuangkan penerbitan SK untuk peserta tes CPNS tahun 2012 yang telah dinyatakan lulus sebelumnya.

"Proses penerimaan CPNS pada tahun 2010 silam diduga tidak sesuai dengan prosedur, dan dilakukanlah tes ulang pada tahun 2012. Nah saat ini CPNS yang telah lulus pada tahun 2012 sudah keluar nomor induk pegawai (NIP) dari BKN dan tinggal keputusan Bupati Kubu Raya saja untuk pelantikan, namun pelantikan tersebut tertunda karena munculnya surat dari Menpan yang meminta untuk menunda sampai adanya inkrah dari PTUN yang selama ini bergulir, makanya masih belum adanya penambahan," katanya di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, hingga saat ini minimnya aparatur pemerintahan di jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Kubu Raya masih menjadi dilema karena belum adanya penambahan jumlah personel yang berdampak pada pelayanan publik yang ada di kabupaten tersebut terkesan lamban.

Husein mengatakan, mengingat hal tersebut sudah sangat lama dan belum adanya kejelasan mengenai hasil dari penundaan itu, pihaknya mendorong kepada Menpan untuk segera menerbitkan surat arahan mengenai SK kepangkatan agar lulusan CPNS tahun 2012 segera aktif karena mengingat polemik ini sudah berlangsung lama.

"Baru Minggu lalu saya melakukan komunikasi bersama Menpan, dan kita terus mendorong kepada menpan agar kembali mengeluarkan surat untuk merekomendasikan SK kepangkatan CPNS 2012 dalam arti kata menyetujui untuk Bupati menerbitkan SK tersebut karena menurut saya sendiri proses penerimaan tahun 2012 telah sesuai dengan proses," tuturnya.

Mengenai penambahan formasi baru lanjutnya, tahun 2014 ini pihaknya telah mengajukan formasi juga untuk penerimaan CPNS yang baru sesuai dengan kebutuhan formasi aparatur yang dibutuhkan.

"Selain melakukan komunikasi kepada Menpan mengenai CPNS 2012, kita telah mengajukan formasi penerimaan di tahun 2014 ini dan saat ini menunggu hasil keputusan menpan mengenai pengajuan tersebut," kata Husein.

Ia menambahkan, mengenai jumlah kebutuhan personel secara keseluruhan BKD Kubu Raya yang menanganinya, disini fungsi pihaknya untuk melakukan komunikasi ke atas yaitu menpan.

"Kita berharap agar Menpan dapat mengeluarkan surat arahan untuk SK kepangkatan pengangkatan CPNS 2012 dan juga kita menginginkan agar formasi 2014 yang telah diajukan agar segera disetujui pula, agar kekurangan personel yang saat ini telah mengalami kekosongan selama beberapa tahun belakangan dapat segera terisi," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014