Pontianak  (Antara Kalbar) - Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Pontianak mengelar pelatihan teknis terhadap 50 orang pemandu wisata 2014 di daerah itu.

"Pentingnya peran pemandu wisata sebagai ujung tombak dalam meningkatkan minat wisatawan baik lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Kota Pontianak, sehingga mereka perlu dilatih terkait pemandu wisata," kata Kepala Disbudpar dan Ekonomi Kreatif Kota Pontianak Hilfira Hamid di Pontianak, Jumat.

Pelatihan pemandu wisata tersebut diberikan kepada agen dan biro perjalan wisata, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kepariwisataan, pengemudi taksi, pengelola kapal wisata, dan pengelola objek wisata yang ada di Kota Pontianak, selama dua hari, 9-10 Mei 2014.

"Pemandu wisata ini berperan penting dalam memajukan pariwisata, karena merekalah yang menjelaskan tentang Pontianak ke wisatawan," ungkapnya.

Sebagai narasumber, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak dan Ketua Himpunan Perahu Wisata Indonesia Kota Pontianak.

"Hari pertama ini kita teori dulu, besok peserta pelatihan akan mengunjungi tempat-tempat wisata di Pontianak atau praktek langsung sambil latihan," ujarnya.

Kegiatan itu mendapat respon positif dari para peserta. Seperti yang diungkapkan Jacky Indra siswa SMK Negeri 5 Jurusan Perhotelan yang baru pertama kali mengikuti kegiatan pelatihan itu.

"Saya harap dari pelatihan ini bisa mendapat pengetahuan dan bekal untuk menjadi pemandu wisata yang kompeten," ujarnya.

Hal senada juga diakui oleh, Selly dari PT Jumboland Tour and Travel. Ia mengungkapkan ketertarikannya dengan pelatihan teknis pemandu wisata itu.

"Saya ingin menggali lebih dalam lagi tentang seluk beluk pemandu wisata ini, untuk memajukan pariwisata. Kan baik juga untuk perusahaan," ujarnya.



(U.A057/I006)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014