Pontianak (Antara) - Pemerintah Kota Pontianak membuka peluang bagi kalangan pemuda untuk mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor Tahun 2014.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak, Fuji Hartadi di Pontianak, Senin, pemilihan itu sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan dari pemerintah kepada pemuda atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa sekaligus sebagai inspirasi dan motivasi bagi lainnya.

Pendaftaran Pemuda Pelopor Kota Pontianak tahun 2014 dibuka mulai tanggal 12 - 30 Mei 2014. Sedangkan seleksi (fact finding) tingkat Kota Pontianak akan dilaksanakan pada tanggal 10 - 12 Juni 2014.

Seleksi mencakup lima bidang meliputi pendidikan, sosial budaya dan pariwisata, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, industri pangan dan kesehatan dan komunikasi dan informasi.

"Sedangkan aspek penilaian mencakup integritas kepribadian dan kapasitas diri dalam kepeloporan," kata dia.

Syarat pendaftar, yakni status Warga Negara Indonesia berusia 16 hingga 30 tahun pada tanggal 28 Oktober 2014 sebagaimana yang tercantum dalam Akta Kelahiran dan KTP.

Kemudian, belum pernah memperoleh penghargaan tingkat nasional lainnya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Lalu, tidak sedang mengikuti proses penilaian kepeloporan/prestasi sejenis lainnya dari Kemenpora dan memiliki suatu karya nyata bidang kepeloporan yang dilaksanakan secara konsisten dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta mampu memberikan nilai tambah pada aspek kehidupan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, kepeloporan yang dicapai telah diimplementasikan paling sedikit selama waktu dua tahun.

Tempat pendaftaran di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak yang terletak di Kompleks Kantor Wali Kota Pontianak.

Ia pun mengajak para pemuda yang memenuhi persyaratan tersebut untuk mendaftar.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014