Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya tahun ini memfokuskan pembuatan marka pada jalan yang ada di sekitar kantor bupati Kubu Raya.

"Untuk tahun ini, difokuskan pemasangan marka di sekitar kawasan Kantor Bupati Kubu Raya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Fauzi Kasim di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengakui saat ini memang masih cukup banyak ruas jalan yang memerlukan marka dan rambu lalu lintas, makanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para pengendara saat ini pihaknya sedang melakukan survei terhadap sejumlah ruas jalan yang dinilai perlu dipasang marka termasuk rambu lalu lintas.

"Memang masih banyak ruas jalan yang memerlukan marka dan rambu lalu lintas, karenanya saat ini kita sedang melakukan pendataan ruas jalan mana saja yang perlu segera mendapat perhatian untuk dilakukan pemasangan marka dan rambu lalu lintas yang optimal," tuturnya.

Disinggung soal adanya beberapa rambu lalu lintas yang terhalang atau ditutupi pohon-pohon di pinggir jalan, kata Fauzi Kasim menyatakan sebenarnya soal penertiban atau pembersihan pohon itu salah satu tanggung jawab Dinas Cipta Karya, makanya pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas cipta karya untuk mengatasi hal tersebut.

"Kita ingin semua ruas jalan yang membutuhkan bisa segera dipasang marka dan rambu lalu lintas, namun karena anggarannya terbatas, saat ini kita utamakan terlebih dahulu untuk membangun marka dan rambu-rambu lalu lintas di sekitar kawasan Kantor Bupati Kubu Raya," katanya.

Dia juga menyinggung soal pembangunan dermaga yang katanya tahun ini telah direncanakan akan dibangun sekitar 30 dermaga yang tersebar di sembilan kecamatan di Kubu Raya.

"Alokasi berapa pastinya jumlah anggaran saya lupa rinciannya, Cuma memang tahun 2014 ini telah kita siapkan anggaran untuk membangun sekitar 30 dermaga yang tersebar di 9 titik kecamatan Kubu Raya," kata Fauzi.

Mantan kepala BPMPD Kubu Raya itu menambahkan, agar pembangunan dermaga itu bisa lebih optimal, Fauzi Kasim mengatakan pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu sehingga pembangunannya tepat sasaran. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014