Ngabang (Antara Kalbar) - Gubernur Kalbar Cornelis dan rombongan, Senin (7/7) Safari Ramadhan dan Bakti Sosial di Kabupaten Landak. Acara dipusatkan di pendopo rumah dinas Bupati Landak. Selain silaturahmi ramadhan bersama tokoh Muslim setempat juga menyerahkan bantuan rumah ibadah.

Gubernur Kalbar Cornelis dalam sambutannya, kehadirannya dalam rangka bakti sosial dan buka bersama kepada tokoh Muslim di Landak.

"Jadi bukan saya menyuruh pilih calon presiden. Kami hanya berharap di bulan suci ramadhan ini agar umur panjang badan sehat," kata Cornelis

Menurutnya, beragama, salah satunya adalah berpuasa untuk yang umat Islam. Melawan hawa nafsu yang jahat atau tidak baik.

"Saya berharap pada bulan puasa ini, kita bisa  perkuat persatuan dan kesatuan. Saya mohon maaf lahir dan batin, karena pada Idul Fitri nanti tidak bisa berkunjung kepada masyarakat Landak," ungkap Cornelis mantan Bupati Landak ini.

Gubernur berharap  bantuan yang sudah diberikan agar  dimanfaatkan dan digunakan dengan baik. "Karena anggaran pemerintah yang sudah dikeluarkan untukb antuan sosial dilaporkan kepada BPK," ujarnya.

Cornelis juga berpesan agar mensukseskan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. Masyarakat diharapkan menyambut gembira. Tapi di Indonesia ini banyak isu-isu tentang pemilu agar masyarakat tidak terprovokasi.

"Kalau ada oknum aparat baik TNI/Polri, PNS, Kades yang melakukan intimidasi tangkap saja. Bawa ke Polsek atau  Polres. Kuncinya pada masyarakat, apalagi sekarang bulan suci ramadhan harus bersama menahan diri," tegas Cornelis.

Ia berharap bangun kebersamaan untuk mensukeskan Pilpres tanggal 9 Juli datang ke TPS untuk menggunakan hak suara memilih pemimpin Republik Indonesia ini.

Sementara itu, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot mengatakan,  dirinya  atas nama jajaran pemkab Landak dan keluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat muslim di Landak. " Semoga amal ibadah dan pahala mendapat  ganjaran dari Tuhan," ujarnya.

Bupati juga melaporkan kamtimas di wilayah yang ia pimpin menjelang Pilpres 2014. "Kami laporkan kepada bapak Gubernur, menjelang Pilpres secara umum kondisi keamanan di landak kondusif tidak ada potensi konflik, saya yakin ini akan berjalan sampai Pilpres 2014,"ungkap Adrianus.

Acara Safari Ramadhan dan Bakti Sosial Gubernur Kalbar Cornelis dan rombongan pejabat Pemprov Kalbar itu menyerahkan bantuan sosial kepada sejumlah masjid, surau, gereja dan bantuan lainnya.

Setelah penyampaina bansos, dilanjutkan tausiyah Ramadhan dan buka puasa bersama dan solat Magrib berjamaah.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014