Pontianak (Antara Kalbar) - Kepolisian Resor Sekadau meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan instansi terkait dalam pengamanan Lebaran tahun 2014, kata Kapolres Sekadau Ajun Komisaris Besar (Pol) Agus Triatmaja.

"Kami sebelum melakukan pengamanan Lebaran, sebelumnya sudah menggelar rapat koordinasi dengan Pemkab Sekadau dan instansi terkait," kata Agus Triatmaja saat dihubungi di Sekadau, Sabtu.

Agus menjelaskan pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tanpa adanya dukungan dari instansi terkait dan masyarakat.

"Mudah-mudahannya dengan dukungan semua pihak, maka sepanjang Lebaran di Sekadau berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau Rupinus juga berharap jajaran pemerintah daerah mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk memperlancar perayaan Idul Fitri, salah satu yang menjadi sorotan, kesiapan pemadam kebakaran.

"Kepada instansi terkait, saya minta agar air di mobil pemadam harus disiapkan untuk berjaga-jaga," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar Brigadir Jenderal (Pol) Arief Sulistyanto pihaknya akan mengerahkan sebanyak 2.737 personel polisi dan dibantu sebanyak 1.349 orang dari instansi lainnya untuk mengamankan Lebaran 2014, dengan sandi Operasi Ketupat Kapuas 2014 mulai dilakukan tanggal 22 Juli - 6 Agustus atau selama 16 hari.

Data Polda Kalbar, mencatat sebanyak 102 titik yang dikategorikan rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas, 50 titik rawan macet, 139 titik rawan banjir, 66 titik rawan kriminalitas.

Selain itu, Polda Kalbar juga memfokuskan pengamanan kepada sebanyak 364 Masjid, 40 tempat hiburan, 31 terminal, 14 pelabuhan, enam bandara, 16 penyeberangan, 49 lokasi tempat wisata, 86 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), dan sebanyak 91 kompleks pemukiman.

"Target kami mengurangi seminimal mungkin angka lakalantas dibanding tahun 2013, meskipun tahun tahun 2013 angka lakalantasnya juga sudah turun dibanding tahun 2012," ujar Arief.

Polda Kalbar juga akan membentuk 58 pos pengamanan Lebaran, yang diantaranya 16 pos pelayanan, terdiri dari di Polres Sambas 10 pos, Bengkayang tiga pos, Kota Singkawang empat pos, Kabupaten Mempawah tiga pos, Kapuas Hulu empat pos, Sanggau enam pos, Sekadau dua pos, Sintang empat pos, Melawi tiga pos, Ketapang empat pos, Landak empat pos, dan Polresta sebanyak 11 pos, kata Arief.

(Gansi/A057)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014