Pontianak (Antara Kalbar) - Direksi Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat menyerahkan zakat sebesar Rp430 juta hasil penghimpunan dari karyawan bank tersebut yang bertugas di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

"Ada peningkatan lembaga penerimanya dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu empat lembaga, sekarang enam," kata Dirut Bank Kalbar Sudirman HMY di Pontianak, Kamis.

Keenam lembaga tersebut yakni Lazis Amanah menerima Rp35juta, Rumah Zakat Rp35 juta, Dompet Ummat Rp25 juta, Yayasan Pendidikan Islam Safiuddin Rp15 juta, Pondok Pesantren Habib Saleh bin Alwi Al-Haddad Rp20 juta dan Baznas Provinsi Kalbar Rp300 juta.

Sudirman menuturkan, zakat tersebut dikumpulkan dasri karyawan dalam kurun waktu satu tahun. Setiap pegawai dipotong sebesar 2,5 persen dan ketika Ramadhan disalurkan ke yang berhak.

Menurut Sudirman, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Kali ini, ada sekitar 600 pegawai Bank Kalbar di wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya.

"Untuk daerah lain, dihimpun sesuai letak cabang masing-masing," ujarnya.

Ia berharap, zakat yang dihimpun itu dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Semoga apa yang dihimpun mendapat ridha, dan yang dicita-citakan dapat tercapai. Semoga bisa membantu meringankan beban mereka yang kesusahan," kata Sudirman HMY.

Ketua Baznas Kalbar Salmin Daud mengatakan, akan meneruskan zakat tersebut kepada mereka yang berhak menerima. "Mudah-mudahan bank ini tetap sejahtera, sehingga dapat terus menyalurkan," kata dia.

Baznas Kalbar setahun dua kali menyampaikan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Sebelumnya, karyawan Bank Kalbar juga telah menghimpun sumbangan untuk pembangunan Masjid Mujahidin Pontianak.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014