Sambas(Antara Kalbar) - Sebagian besar masyarakat Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, mengisi liburan panjang Lebaran 2014 dengan mengunjungi objek-objek wisata bahari, seperti di Pantai Tanah Hitam dan Selimpai.

"Setelah selesai melakukan silaturahim ke tempat-tempat keluarga dan tetangga, kami selalu mengisi waktu dengan berkunjung ke pantai," kata Yudi salah seorang warga Pipit Teja, Kecamatan Teluk Keramat, Jumat.

Ia menjelaskan, berkunjung ke objek-objek wisata seperti di pantai, guna menghibur keluarganya.

"Biasanya kami selalu ke Pantai Tanah Hitam, untuk tahun ini kami ke Pantai Selimpai di Kecamatan Paloh," ujar ayah dua anak tersebut.

Hal senada juga diakui oleh Maman salah seorang warga Paloh. "Meskipun tempat tinggal kami tidak jauh dari lokasi objek wisata Pantai Tanah Hitam, setiap tahun kami selalu berkunjung ke pantai itu," ujarnya.

Berkunjung ke pantai, menurut dia punya keasyikan tersendiri, yakni bisa membuat pikiran menjadi tenang, sehingga setelah selesai liburan panjang Lebaran, bisa kembali aktif bekerja.

Pantai Selimpai dan Tanah Hitam keduanya terletak di Kecamatan Paloh atau berdampingan dengan Kecamatan Teluk Keramat.

Kedua pantai itu masih tampak asri, dan belum dikelola oleh pihak swasta sehingga kedua pantai itu belum tertata seperti objek wisata bahari lainnya seperti Pantai Pasir Panjang di Singkawang.

Data Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mencatat, ada sebanyak 40 lokasi objek wisata dan tempat hiburan yang tersebar di 14 kabupaten/kota yang menjadi tujuan umat Muslim atau masyarakat dalam mengisi liburan panjang.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014