Ngabang (Antara Kalbar) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Landak Kalimantan Barat menggelar Festival Banangar 2014 yang meliputi lomba memasak lemang, menulis sinopsis dan fotografi, sebagai promosi pariwisata pada 29-30 Agustus 2014.
    
"Kegiatan akan kami gelar di lokasi air terjun Banangar. Untuk lomba memasak lemang peserta dari masyarakat sekitar lokasi, lomba menulis sinopsis untuk pelajar SLTA dan lomba fotografi terbuka untuk umum," kata Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Landak Supiana, Senin.
    
Supiana mengatakan, tujuan Festival Banangar adalah salah satu upaya mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Landak yakni air terjun Banangar yang terletak di Kecamatan Air Besar. Lokasi saat ini sudah bisa ditempuh menggunakan kendaraan karena badan jalan sudah dibangun.
    
"Jadi, event ini sebagai promosi potensi pariwisata yang ada di Landak. Karena air terjun Banangar cukup menarik dengan pesona alamnya," ujar Supiana.
    
Menurutnya, lomba memasak lemang juga salah satu upaya mempertahankan kuliner daerah Kabupaten Landak. Dimana dalam memasak lemang memang semua orang bisa termasuk anak-anak, hanya bagaimana cita rasa dan cara penyajian lemang juga yang perlu diketahui.
    
"Selanjutnya lomba menulis sinopsis tetang air terjun Banangar juga sebagai ajang promosi serta dikemas dengan para fotografer. Jadi, masing-masing lomba akan dinilai oleh tim juri profesional," ujar Supiana.
    
Ia menambahkan, sejumlah perlombaan yang dikemas dalam Festival Banangar 2014 tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Karena pemerintah daerah menggelar dengan tujuan ajang promosi daerah khususnya di bidang pariwisata.
    
"Pendaftaran gratis langsung menghubungi panitia dari tanggal 4 hingga 25 Agustus," ujar Supiana.
    
Adapun hadiah masing-masing perlombaan yaitu uang tunai dan tropi. Untuk lomba menulis sinopsis juara I Rp1 juta, juara II Rp750 ribu,  juara III Rp500 ribu.
    
Lomba Fotografi juara I Rp2 juta, juara II Rp1, 75 juta dan juara III Rp, 1,5 juta. Sedangkan lomba memasak lemang juara I Rp1,5 juta, juara II Rp1 juta dan juara III Rp750 ribu.

(Kun/N005)

Pewarta: Kundori

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014